Kamis, 02 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

WORKSHOP PENYUSUNAN SOAL MENGACU BENTUK SOAL AKM

WORKSHOP PENYUSUNAN SOAL MENGACU BENTUK SOAL AKM

Dengan diterapkannya Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Godean, maka guru harus selalu meningkatkan kemampuan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran. Penguasaan TIK akan sangat mendukung kelancaran pelaksanaan ketugasan guru di dalam maupun di luar kelas. Proses perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran serta analisis hasil pembelajaran akan lebih bermakna jika didukung dengan penggunaan TIK yang unggul.

Untuk memaksimalkan penggunaan TIK khususnya e-learning sekolah dalam kegiatan asesmen, SMAN 1 Godean melaksanakan workshop penyusunan soal yang mengacu pada bentuk soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Workshop dilaksanakan dalam dua kegiatan yang berlangsung selama dua hari dengan pemateri dari Tim Sistem Informasi dan Manajemen SMAN 1 Godean. Workshop pertama dilaksanakan Senin 11 September 2023 dengan materi Penyusunan Soal Asesnen Mengacu Bentuk Soal AKM. Workshop kedua, dilaksanakan Selasa 12 September 2023 dengan materi Penskoran Soal Asesmen dan Teknik Upload ke e-learning sekolah. 

Melalui pelaksanaan workshop ini diharapkan terjadi peningkatan variasi jenis soal dalam kegiatan asesmen di SMAN 1 Godean. Jika selama ini soal asesmen didominasi bentuk pilihan ganda dan essay, maka mulai tahun ini digunakan lima bentuk soal  asesmen yang mengacu pada bentuk soal AKM yaitu: pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian. Kelima bentuk soal tersebut dilatihkan melalui tahapan: penulisan di word, mengubah ke examview, dan upluoad ke sistem elearning sekolah. Dengan bentuk soal yang lebih variatif ini diharapkan dapat meningkatkan daya kreasi dan penalaran siswa. (suharyadi)