Kamis, 16 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Guru Besar Emeritus Unpad Prof. Aisyah D. Suyono Meninggal Dunia

Guru Besar Emeritus Unpad Prof. Aisyah D. Suyono Meninggal Dunia

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran kembali berduka. Salah seorang putri terbaiknya, Prof. Dr. Aisyah D. Suyono, Ir., meninggal dunia pada usia 81 tahun, Minggu (24/9/2023).

Prof. Aisyah merupakan Guru Besar Emeritus pada Fakultas Pertanian Unpad. Lahir di Cicalengka, Kabupaten Bandung, 17 Agustus 1942, almarhumah lulus dari program Sarjana Faperta Unpad pada 1967. Pada 1982, almarhumah lulus dari program Doktor Ilmu Pertanian Unpad dengan yudisium Cumlaude.

Almarhumah Prof. Aisyah D. Suyono tercatat sebagai dosen di Faperta Unpad pada 1967 serta dosen di Program Pascasarjana Unpad pada 1987. Tidak hanya menjadi dosen, almarhumah juga menjabat berbagai posisi, mulai dari Sekretaris Biro Penelitian dan Pengembangan Masyarakat Faperta Unpad (1975-1979) hingga Ketua Komisi Senat III Unpad (2003-2007).

Sejak 1993 hingga 2009, almarhumah Prof. Aisyah telah menghasilkan 18 publikasi ilmiah, baik berupa artikel di jurnal hingga buku ajar. Bukunya yang berjudul “Pengantar Ilmu Pertanian” yang ditulis bersama Guru Besar Faperta Unpad Prof. Tati Nurmala dan tim, menjadi salah satu referensi ilmiah dari pendidikan pertanian di beberapa perguruan tinggi di Indonesia.

Almarhumah Prof. Aisyah D. Suyono mendapat penghormatan terakhir dari segenap sivitas akademika, tenaga kependidikan, dan kerabat dalam upacara pelepasan yang digelar di Masjid Al-Jihad Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Senin (25/9/2023). Almarhum dilepas secara resmi oleh Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti.

Dalam sambutannya Rektor mengatakan, Unpad sangat kehilangan atas kepergian almarhumah. Kontribusi Prof. Aisyah berperan penting dalam kemajuan Unpad, tidak hanya di bidang akademik tetapi juga di bidang riset dan pengabdian kepada masyarakat.

Jasa dan dedikasi yang sudah dilakukan almarhumah diharapkan dapat diteladani dan diteruskan oleh generasi berikutnya. “Bagi Unpad, kepergian seseorang yang dicintai menjadikan kita semua yang masih diberi amanah untuk tetap mengemban tanggung jawab dan meneladani apa yang sudah ditularkan (generasi pendahulu),” kata Rektor.

Usai mendapat penghormatan terakhir, almarhumah langsung dikebumikan di TPU Cisaranten Kota Bandung. Almarhumah merupakan ibu dari Guru Besar Fakultas Farmasi Unpad Prof. Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt.*