Kamis, 16 Mei 2024
Perguruan Tinggi

FPIK Unpad Kirim 8 Mahasiswa untuk Belajar di Malaysia dan Jepang

FPIK Unpad Kirim 8 Mahasiswa untuk Belajar di Malaysia dan Jepang

Laporan Oleh Fajar Amali Kurniawan

[Kanal Media Unpad] Sebanyak delapan mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran akan mengikuti kegiatan pertukaran mahasiswa selama satu semester ke Kitami Institute of Technology, Jepang dan AIMS Program di Universiti Malaysia Sabah, Malaysia.

Mereka dilepas secara resmi oleh Dekan FPIK Unpad Dr. sc. agr Yudi Nurul Ihsan S.Pi., M.Si di Ruang Rapat Pleno, Gedung Dekanat Lantai 2, FPIK Jatinangor, Senin (25/9/2023).

Delapan mahasiswa yang mengikuti program ini terbagi menjadi tiga mahasiswa yang akan berangkat ke Jepang melalui program Student Mobility Program, yaitu: Soraya Malika Putri (Perikanan 2020), Khanza Khairunnisa Amirah (Ilmu Kelautan 2020), dan Azzahra Aino Javidani (Ilmu Kelautan 2021). Program ini secara khusus diadakan oleh KIT Jepang sebagai tindak lanjut dari MoU antara Unpad dan KIT.

Sementara itu, mahasiswa yang akan berangkat menuju Malaysia melalui program “Asian International Mobility for Students (AIMS) Program” yang diinisiasi oleh SEAMEO RIHED adalah Sulastri Prihandini (Perikanan 2019), Jeania Ananda Malik (Perikanan 2021), Fuad Tri Sugihartono (Perikanan 2020), Loise Regina (Ilmu Kelautan 2021), dan Salsa Nur Fadhilah (D-4 Pariwisata Bahari 2021). Program ini merupakan implementasi kerja sama FPIK Unpad dengan Universiti Malaysia Sabah (UMS) untuk mengadakan kegiatan pertukaran pelajar selama satu semester.

Program ini didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui “Program Pembelajaran Internasional 2023”.

Para mahasiswa tersebut merupakan peserta yang terpilih dari serangkaian seleksi oleh Unit Internasional FPIK Unpad.

Kepada mahasiswa tersebut, Yudi mengatakan bahwa kegiatan ini akan menghadirkan pengalaman baru. Para mahasiswa pun diharapkan dapat menunjukkan bahwa mahasiswa Unpad adalah orang-orang yang memiliki kapasitas baik.

“Kita harus ingat selalu bahwa kita bukan hanya membawa nama FPIK dan Unpad saja melainkan membawa nama Indonesia. Maka dari itu di era percepatan saat ini harapannya para mahasiswa juga dapat dengan cepat melakukan adaptasi dan tetap bermanfaat dimanapun berada,” ujar Yudi.

Wakil Dekan Bidang Sumber Daya dan Organisasi FPIK Unpad Mega Laksmini Syamsuddin S.Pi., MT., Ph.D mengatakan bahwa enam bulan di luar negeri tidak akan terasa lama jika dilakukan dengan aktivitas-aktivitas yang baik dan bermanfaat. Mega berpesan agar mahasiswa dapat mempergunakan kesempatan ini dengan baik dan dapat mengukir sejarah selama enam bulan tersebut dengan bermanfaat.

“Tunjukkan pula kemampuan yang dimiliki bukan dari segi keilmuan dan pengetahuan saja, tapi tunjukkanlah keindahan dari seni dan budaya yang ada di Indonesia,” pesan Mega.

Acara pelepasan tersebut juga dihadiri Ketua Unit Internasionalisasi, para Ketua Prodi, Manajer, dan juga Sekretaris Prodi. (art)*