Minggu, 05 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

PMR MTsN Surakarta 1 Himpun Donasi untuk Atasi Krisis Air

PMR MTsN Surakarta 1 Himpun Donasi untuk Atasi Krisis Air

Surakarta- PMR MTsN Surakarta 1 mengadakan penghimpunan dana untuk membantu beberapa daerah sedang mengalami kekeringan dan krisis air bersih. Kegiatan tersebut merupakan program sosial kemanusiaan dan dilakasanakan pada Sabtu-Senin (23-25/09/2023). Seluruh siswa dan segenap bapak ibu guru dan tendik memberikan donasinya dengan tujuan untuk membantu beberapa daerah yang sedang membutuhkan air bersih dan wakaf sumur.
Pembina PMR MTsN Surakarta 1, Dewi Nurjanah memberikan informasi pada wali kelas terkait program PMR untuk progam penghimpunan donasi. “Saya minta bantuan bapak ibu wali kelas untuk menyampaikan program ini di grup perwaliannya. Anak-anak diminta untuk memberikan donasi terbaiknya dan seikhlasnya. Donasi ini akan kita lakukan pada saat jam perwalian. Kalau informasi tersebut disampaikan juga pada wali murid, maka wali murid akan mengetahui program baik. Semoga donasi ini mendapat hasil terbaik,”harap Dewi.Surakarta- PMR MTsN Surakarta 1 mengadakan penghimpunan dana untuk membantu beberapa daerah sedang mengalami kekeringan dan krisis air bersih. Kegiatan tersebut merupakan program sosial kemanusiaan dan dilakasanakan pada Sabtu-Senin (23-25/09/2023). Seluruh siswa dan segenap bapak ibu guru dan tendik memberikan donasinya dengan tujuan untuk membantu beberapa daerah yang sedang membutuhkan air bersih dan wakaf sumur.
Pembina PMR MTsN Surakarta 1, Dewi Nurjanah memberikan informasi pada wali kelas terkait program PMR untuk progam penghimpunan donasi. “Saya minta bantuan bapak ibu wali kelas untuk menyampaikan program ini di grup perwaliannya. Anak-anak diminta untuk memberikan donasi terbaiknya dan seikhlasnya. Donasi ini akan kita lakukan pada saat jam perwalian. Kalau informasi tersebut disampaikan juga pada wali murid, maka wali murid akan mengetahui program baik. Semoga donasi ini mendapat hasil terbaik,”harap Dewi.
Kegiatan yang bertujuan melatih kepedulian terhadap sesama ini mendapat respon baik dari segenap warga MTsN Surakarta 1. Semua siswa merasa senang dan bersyukur dengan adanya donasi ini. “Alhamdulillah bisa membantu saudara-saudara kita yang mengalami krisis air. Meskipun tidak bisa banyak saya berharap yang sedikit ini bisa bermanfaat,”tutur Humam, Siswa Kelas 9 Sains 6. “Saya juga senang, Bu. Bisa berdonasi karena bisa ikut berkontribusi. Alhamdulillah di rumah maupun di madrasah ini meski cuacanya sangat panas tapi air masih ada dan cukup. Coba kita bayangkan kalau daerah kita yang kekeringan, pasti kita akan merasa susah,”tambah Rafa, Siswa Kelas 9 Sains 6.
Donasi program ini terkumpul hampir empat juta atau lebih tepatnya Rp3.962.000. Dana ini akan disalurkan melalui Solo Peduli dan kegiatan sosial PMR MTsN Surakarta 1. Dalam surat permohonan Solo Peduli ada beberapa daerah di Soloraya yang rawan air bersih seperti Kabupaten Karanganyar, Wonogiri, Boyolali, dan Sukoharjo.
Kepala MTsN Surakarta 1, Nurul Qomariyah sangat mendukung adanya program pengimpunan dana untuk kepedulian terhadap sesama. “Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk siswa MTsN Surakarta 1. Penanaman karakter peduli terhadap sesama perlu ditanamkan dan dibiasakan sejak dini. Sikap peduli akan menjadi contoh yang baik untuk orang lain, sehingga hal ini bisa memengaruhi pikiran orang lain untuk melakukan kebaikan yang sama. Bentuk kepedulian terhadap sesama tidak hanya berupa materi tetapi juga sikap saling menguatkan dan memberikan kasih sayang terhadap sesamanya,”tutur Nurul. (Tim Jurnalis /Diana)