Jumat, 03 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

PENGGUNAAN SOAL MODEL AKM PADA PENILAIAN TENGAH SEMESTER

PENGGUNAAN SOAL MODEL AKM PADA PENILAIAN TENGAH SEMESTER

Untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik terhadap mata pelajaran, SMAN 1 Godean melaksanakan Sumatif Tengah Semester (STS) bagi kelas X dan Penilaian Tengah Semester (PTS) bagi kelas X dan XII. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 18 – 27 September 2023, diikuti oleh seluruh peserta didik tahun pelajaran 2023/2024. Selain untuk mengetahui pencapaian hasil belajar, STS-PTS juga dimaksudkan untuk mendapatkan umpan balik bagi pendidik dan peserta didik untuk memperbaiki proses pembelajaran.

Terdapat dua hal yang baru dalam pelalaksanaan STS-PTS, yaitu penggunaan soal model AKM dan pemanfaatan aplikasi examora. Soal model AKM dengan bentuk soal multiple choice, multiple response, short answer, true false dan matching diharapkan meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berfikir kritis dan analitis. Sedangkan penggunaan aplikasi examora sebagai pendukung aplikasi MOODLE pada elearning ditujukan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mengerjakan secara jujur dan mandiri.

Respons siswa terhadap penggunaan soal Model AKM cukup beragam. Ananda Salsabila kelas XC menyatakan bahwa penggunaan model soal AKM cukup bagus, tetapi siswa kelas X merasa belum terbiasa dengan model soal tersebut. Sehingga ke depannya untuk kegiatan asesmen yang lain seperti asesmen diagnostik, asesmen formatif perlu menggunakan model soal AKM. Sedangkan Pritania Noor siswa kelas XI MIPA1 menyatakan untuk soal short answer perlu lebih disosialisasikan tata tulisnya sehingga siswa tidak ragu-ragu dalam menulis jawaban, karena khawatir salah tulis. Sedangkan untuk soal multiple response, siswa memberikan masukan supaya guru memberikan penjelasan yang lengkap mengenai sistem penilaiannya. (suharyadi)