Jumat, 17 Mei 2024
Perguruan Tinggi

DBF 2024 Perebutkan Piala Rektor UNDIP

DBF 2024 Perebutkan Piala Rektor UNDIP

Diponegoro Basketball Festival (DBF) 2024 merupakan event bola basket yang merebutkan piala Rektor untuk pertama kalinya di UNDIP. Acara ini mengundang 38 tim basket terbaik dari Sekolah Menengah Atas di Jawa Tengah dan Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia yang bersaing untuk memperebutkan gelar juara dan hadiah menarik.

Acara berlangsung pada tanggal 16-27 April 2024 bertempat di Gedung Olahraga (GOR) basket Prof. Dr. dr. Susilo Wibowo, M.S.Med., Sp. And(K).Acara ini bertujuan untuk mempromosikan olahraga basket di kalangan generasi muda serta membangun hubungan antar-sekolah dan perguruan tinggi. Selain itu, terselenggaranya acara ini berkat dukungan penuh dari berbagai sponsor dan salah satu sponsor utamanya yakni Bank BTN.

Pada hari terakhir turnamen, yang memperlihatkan perebutan tempat ketiga dan final untuk dua kategori yaitu final SMA Divisi dua, serta perebutan tempat ketiga dan final Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Universitas Brawijaya berhasil mengawinkan juara kategori PTN putra dan putri setelah menumbangkan tim tuan rumah Undip.

Turnamen ini juga menghadirkan sejumlah pertunjukan dari beberapa UKM mahasiswa Universitas Diponegoro seperti pertunjukan Band, Economic Voice 10′, Orchestra Undip, dan Tari Saman RJU.

Turnamen ini tidak hanya merupakan ajang kompetisi, tetapi juga platform untuk menghargai bakat olahraga yang ada di kalangan Universitas dan Sekolah Menengah Atas. Dengan antusiasme yang tinggi dari semua pihak, acara ini sukses besar dan diharapkan akan menjadi tradisi yang berlanjut di masa depan.

Direktur Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni UNDIP Prof. Hanifa Maher Denny, S.KM., MPH., Ph.D.menyampaikan bahwa Diponegoro Basketball Festival bertujuan mewadahi atlet-atlet bola basket terbaik dari SMA se-Jawa Tengah dan Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia untuk berkompetisi di level kejuaraan tertinggi. UKM Bola Basket UNDIP dengan penuh semangat mempersembahkan kejuaraan bola basket tingkat nasional yang kompetitif dengan mengusung nama besar UNDIP sebagai salah satu inovator di dunia basket Jawa Tengah dan Indonesia.

Diponegoro Basketball Festival bukan hanya sekadar kejuaraan biasa, namun akan dikemas menjadi sebuah Festival Olahraga yang diproyeksikan menjadi annual event. Gedung Olahraga (GOR) basket Prof. Dr. dr. Susilo Wibowo, M.S.Med., Sp. And(K) merupakan salah satu ikon UNDIP berupa fasilitas lapangan basket yang memiliki standar internasional, https://www.undip.ac.id/post/30640/undip-resmikan-gedung-olahraga-basket-berstandar-internasional.html. (ed.Ut-Humas)