Jumat, 17 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Tips Dan Trik Jadi Mahasiswa Berprestasi Di Era Pandemi

Tips Dan Trik Jadi Mahasiswa Berprestasi Di Era Pandemi
Noura Reni Rahma Putri mahasiswi Prodi Farmasi UAD saat berbagi tips dan trik menjadi mahasiswa berprestasi di era pandemi (Foto: Chika)

Noura Reni Rahma Putri, mahasiswi Program Studi Farmasi, Universitas Ahmad Dahlan (UAD), menjadi salah satu Dahlan Muda yang inspiratif. Mahasiswi semester 7 ini berhasil mengukir berbagai prestasi meski di masa pandemi Coronavirus Diseases 2019 (Covid-19).

“Pandemi bukan menjadi penghalang bagi saya untuk terus mengembangkan potensi dan meraih prestasi. Sejak pandemi pun semua lomba dapat diselenggarakan secara daring dan sangat mempermudah kondisi agar tidak perlu jauh-jauh pergi ke tempat perlombaan,” ungkap Noura saat menjadi bintang tamu di acara The Achievement Students yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube UAD (06-09-2021).

Acara yang dipandu oleh Kak Richo Kais dan Kak Ummi Syafirah ini mengangkat tema “Prestasi Unggul & Mendunia di Tengah Pandemi” sebagai langkah awal memperkenalkan UAD pada mahasiswa baru (maba). Selain itu, acara tersebut bertujuan untuk menyambut kegiatan Program Pengenalan Kampus (P2K) bagi calon Dahlan Muda di seluruh Indonesia.

“Mengikuti perlombaan di masa pandemi tentu berbeda dengan keadaan normal karena saat ini kesehatan menjadi poin penting yang perlu dijaga. Untuk teman-teman yang ingin berprestasi juga, coba untuk senantiasa mencari informasi perlombaan dengan memaksimalkan media sosial, rajin-rajin bertanya kepada kakak tingkat ataupun dosen, berdoa, serta percaya diri dan terus berusaha dalam berproses,” ujar Noura saat membagikan tips dan trik menjadi mahasiswa berprestasi di era pandemi.

Peraih 3rd Place Winner Oral Presentation AASP, juara II Mahasiswa Berprestasi tingkat universitas, hingga berhasil lolos Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KN-MIPA) Nasional tahun 2020 di bidang kimia ini menuturkan, berbagai prestasi yang telah diraihnya tidak lepas dari rida orang tua dan sarana prasarana yang disediakan kampus guna menunjang berbagai lomba yang diikuti.

“Setiap perlombaan yang diikuti tentu harus menunjukkan rasa percaya diri, optimis, dan sportivitas. Jangan lupa untuk selalu berlatih, jangan putus asa, gagal tak mengapa karena itu akan menjadi pengalaman yang berharga di masa depan,” pungkas Noura. (Chk)