Jumat, 17 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Memaknai Peristiwa Hijrah Di Masa Rasulullah Saw.

Memaknai Peristiwa Hijrah Di Masa Rasulullah Saw.
Ustaz Ahmad Arif saat menceritakan peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw (Foto: Chika)

Nabi Muhammad Saw. menjadi nabi dan rasul terakhir yang menjadi penutup masa kenabian. Al-Quran menjadi kitab suci yang diwahyukan Allah Swt. kepadanya sebagai pedoman hidup umat manusia hingga akhir zaman. Ustaz Ahmad Arif Rif’an, S.H.I., M.S.I. memberikan tausiah tentang mengenang peristiwa-peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw. di awal dakwahnya di Makkah.

“Rasulullah Saw. memulai dakwahnya secara sembunyi-sembunyi di awal kenabiannya agar menjaga keselamatan umat Islam dari kekejaman orang kafir. Hampir tiga tahun lamanya Nabi Muhammad Saw. melakukan dakwah secara sembunyi-sembunyi. Pada tahun keempat, Nabi menerima wahyu agar melakukan dakwah secara terang-terangan,” ungkap Ustaz Ahmad dalam Kajian Rutin Ahad Pagi Masjid Islamic Center UAD yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube Masjid Islamic Center UAD (05-09-2021).

Kisah perjuangan hijrah Nabi Muhammad Saw. mengalami berbagai penganiayaan, ancaman, hingga kekerasan secara terang-terangan. Bahkan paman Rasulullah Saw., Abu Jahal sangat menolak ajaran yang dibawa baginda Rasul. Dakwah Nabi Muhammad Saw. di Makkah selama tiga belas tahun penuh dengan rintangan dan Allah Swt. dalam Q.S. An-Najm ayat 62 pernah memerintahkan Rasul agar hijrah ke Abasya pada tahun keempat kenabiannya.

“Nabi Muhammad Saw. melakukan dakwah secara terang-terangan di Makkah selama sepuluh tahun. Rintangan dan tantangan yang Nabi Muhammad Saw. hadapi memberikan kita cerminan untuk senantiasa teguh dalam memperjuangkan ajaran Islam. Meskipun penganiayaan, hinaan, dan ancaman silih berganti, Nabi Muhammad Saw. tetap meneguhkan hati untuk mempertahankan ajaran Allah Swt.”

Hijrah ke berbagai negara tersebut menjadi salah satu bukti cinta Allah Swt., kepada Rasulullah Saw. dan pengikutnya agar senantiasa dalam keislaman, keimanan, dan ketakwaan memperjuangkan ajaran Islam. (Chk)