Rabu, 15 Mei 2024
Perguruan Tinggi

FAPERTA UNJA Sukses Gelar National Agriculture Competition Week 2023

FAPERTA UNJA Sukses Gelar National Agriculture Competition Week 2023

MENDALO,- Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Jambi (UNJA) menyelenggarakan kegiatan ‘National Agriculture Competition (NAC) Week 2023 dan Seminar Nasional Pertanian Berkelanjutan di Era Society 5.0’. Acara dilaksanakan secara hybrid melalui Zoom Meeting dan luring di Ruang Rapat Senat Fakultas Pertanian dan Aula Rektorat Lt.3 UNJA Mendalo pada 8-9 November 2023.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dan Alumni Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc.; Dekan FAPERTA, Prof. Dr. Ir. Suandi, M.Si. IPU.; Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Fuad Muchlis, S.P., M.Si.; Wakil Dekan Bidang Akademik, Kerja Sama, dan Sistem Informasi, Dr. Forst Bambang Irawan, S.P., M.Sc. IPU.; Wakil Dekan Bidang Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Dr. Lizawati, S.P., M.Si.; Ketua Jurusan, Ketua Program Studi, para dosen di lingkungan FAPERTA, juri lomba NAC Week 2023, Ketua Himpunan Mahasiswa dan Organisasi Kemahasiswaan, serta panitia dan peserta kegiatan.

Rangkaian kegiatan diawali dengan pembukaan NAC Week 2023 yang dihadiri sebanyak 74 orang dengan acara puncak Seminar Nasional Pertanian Berkelanjutan di Era Society 5.0 yang mengusung tema ‘Generasi Z Berani Berperan dalam Pertanian Menuju Indonesia Emas 2045’.

Semnas tersebut menghadirkan 2 narasumber, yaitu Dr. Iwan Setiawan, S.P., M.Si. selaku Ketua Prodi Agribisnis Pascasarjana Universitas Padjajaran dengan judul ‘Generasi Z Berani Berperan dalam Pertanian Menyongsong Indonesia Emas 2045, dan Ir. Yoppy Wira Setyantoro, S.P., M.Si. selaku Owner Huis De Kappara dengan judul ‘Gen Z Pertanian Menuju Indonesia Emas 2045’ yang dihadiri sebanyak 220 peserta.

Maria Ulfa, S.Hut., M.Si., CIT. selaku Ketua Panitia Pelaksana, dalam laporannya beliau menyampaikan rangkaian kegiatan NAC week 2023.

“NAC Week 2023 ini merupakan rangkaian lomba di tingkat nasional yang terdiri dari 4 skema lomba yaitu esai, Bussines Plan Competition (BPC), fotografi, dan poster. Adapun jumlah peserta untuk masing-masing skema adalah untuk esai diikuti 37 finalis, fotografi diikuti 28 finalis, BPC diikuti 29 finalis, dan poster diikuti 21 finalis. Keseluruhan peserta ada 115,” jelasnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc., dalam sambutannya meyampaikan bahwa UNJA bisa menjadi peluang bagi mahasiswa untuk terus meningkatkan prestasi.

“UNJA sangat mengapresiasi seluruh kegiatan mahasiswa, kemahasiswaan, dan mendukung penuh kreativitas yang dibuat oleh mahasiswa. Semoga kegiatan seperti ini dapat dijadikan sebagai contoh untuk menghasilkan bibit-bibit yang akan mengajak seluruh mahasiswa baik di lingkup Fakultas Pertanian maupun fakultas lain yang ada di UNJA. Saya yakin dengan potensi dari banyaknya mahasiswa bisa menjadikan UNJA lebih dikenal lagi. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berlanjut di tahun selanjutnya,” ujar beliau.

Prof. Dr. Ir. Suandi M.Si., IPU., selaku Dekan FAPERTA, dalam sambutannya meyampaikan selamat datang kepada finalis dan mengapresiasi panitia penyelenggara.

“Fakultas Pertanian mengucapkan selamat datang di Kampus Pinang Masak Universitas Jambi kepada para finalis yang luar biasa utusan dari masing-masing universitas. Kompetisi ini merupakan salah satu bentuk silaturahim. NAC ini dibuat dalam program rutin sebagai pengayaan, pengetahuan, dan pengalaman bagi mahasiswa memanfaatkan peluang yang ada dan dilaksanakan dengan baik. Semoga upaya yang kita lakukan hari ini dan besok selalu diridhoi Allah Swt,” tutur beliau.

“Setelah semua kegiatan lomba dilaksanakan, panitia mengajak seluruh finalis NAC mengajak fieldtrip dan berkunjung ke situs bersejarah Candi Muaro Jambi. Mudah-mudahan seluruh finalis menikmati dan bisa menjadi bahan ceritanya untuk teman saat pulang ke daerah masing-masing,” sambung beliau.

Berikut Data Pemenang 4 Cabang Lomba NAC Week 2023:

Acara diakhiri dengan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba, foto bersama dan penutupan oleh Dekan FAPERTA.

Dimas Anugrah Adiyadmo / Riska / HUMAS
Foto: Devi