Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

SMP Negeri 20 Solo Gelar Pentas Seni Perdana, Tampilkan Kreativitas Siswa

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 20 Solo menggelar Pentas Seni siswa sebagai puncak hari ulang tahun (HUT) SMPN 20 Solo di area sekolah pada Kamis (23/11/2023). Acara ini juga sekaligus menjadi tanda berakhirnya program P5 di SMPN 20 Solo.

Panitia Pentas Seni SMPN 20 Solo, Yunihar, mengatakan acara tersebut merupakan pensi perdana SMPN 20 Solo. Sebagai acara perdana, kegiatan diselenggarakan tanpa mengadakan kegiatan belajar dan mengajar (KBM).

Para siswa ikut serta menampilkan berbagai atraksi menarik dalam pensi tersebut, mulai dari berbagai ekstrakurikuler di SMPN 20 dan juga lewat penampilan masing-masing rombongan belajar.

“Kami juga menampilkan 5 penampilan terbaik dari lomba senam yang sudah diselenggarakan dalam program P5. Total ada 36 tampilan lanjut ada pemotongan tumpeng dan pembagian nasi tumpeng serta kue ulang tahun yang ke-41,” ujar Pak Yunihar saat diwawancara di sela-sela acara, Kamis (23/11/2023).

Dia menambahkan acara dibuat dengan durasi seperti lamanya KBM normal yang berakhir pada pukul 13.50 WIB. Menurut Yunihar, penutupan P5 diselenggarakan berbarengan dengan pentas seni HUT SMPN 20 Solo agar murid-murid merayakan selesainya tugas sekolah mereka secara bersama-sama.

Yunihar mengatakan program P5 sudah dilaksanakan di SMPN 20 Solo selama kurang lebih sebulan. Menurutnya, antusiasme murid-murid menyambut pentas seni tersebut sangatlah tinggi karena persiapan yang matang untuk tampil di depan teman-temannya sendiri.

Yunihar memaparkan, masing-masing rombongan belajar SMPN 20 Solo sering melakukan latihan bersama menyusun penampilan mereka selepas pulang sekolah hingga sore hari.

Tidak hanya penampilan antarkelas, pentas seni SMPN 20 Solo tersebut juga menampilkan performa para siswa berprestasi, yaitu juara vokal Solo, permainan biola terbaik se-Solo, dan juga pertunjukkan dari tim Pramuka.

Selain pentas seni, rangkaian acara ulang tahun ke-41 SMPN 20 meliputi jalan sehat yang dihadiri oleh Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, aksi bakti sosial menanam bibit pohon dan pengobatan gratis serta donor darah.