Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

GERAKAN RONGPULSKA MENULIS, SMPN 20 PERKENALKAN MAJALAH SEKOLAH

GERAKAN RONGPULSKA MENULIS, SMPN 20 PERKENALKAN MAJALAH SEKOLAH

Kemampuan Literasi menjadi salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa, termasuk kompetensi numerasi dan karakter. Untuk meningkatkan kompetensi literasi siswa, SMP Negeri 20 Surakarta memperkenalkan majalah sekolah untuk menampung tulisan hasil karya guru dan siswa. Pun juga, majalah sekolah yang dinamai Majalah Rongpulska diharapkan bisa menjadi pemantik untuk membangun Komunitas Literasi sekolah.

Dalam sesi perkenalan majalah sekolah, hadir juga Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Dian Rineta, S.T, M.Si, yang sekaligus membuka acara Workshop Peningkatan Kompetensi Guru SMP Negeri 20 Surakarta, Senin (11/12/2023) pagi. Ibu Kepala Dinas Pendidikan memuji inovasi yang dilakukan oleh SMP Negeri 20 Surakarta.

“Selamat atas inovasi SMP Negeri 20 Surakarta, semoga sukses dengan inovasinya,”ujar Dian Rineta.

Kepala SMP Negeri 20 Surakarta, Liliek Sri Wahyuti, menjelaskan bahwa Majalah Rongpulska ini juga sebagai tonggak awal program Gerakan Rongpulska,

“Siswa dan guru bisa berpartisipasi dan kolaborasi dalam membangun majalah sekolah ini agar terus berkelanjutan, terutama nanti siswa kita maksimalkan potensinya,”ujar Liliek.

Setelah diperkenalkan, siswa bisa membaca majalah sekolah di perpustakaan dan bisa mengirim naskah melalui kanal email yang disediakan oleh sekolah.