Sabtu, 29 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Filosofi Logo P2k 2021

Filosofi Logo P2k 2021
Logo P2K 2021

“Bersama UAD Kita Wujudkan Insan Sehat, Adaptif, dan Kolaboratif Berbasis Nilai-Nilai Islam Menuju Indonesia Berkemajuan”, merupakan tema dari kegiatan Program Pengenalan Kampus (P2K) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, tahun akademik 2021/2022. Acara ini akan diselenggarakan pada 13–19 September 2021. Selain itu, terdapat logo yang memiliki filosofi mencerminkan tujuan dan harapan.

“Warna-warna yang terdapat dalam logo tersebut merepresentasikan dari 11 fakultas yang ada di UAD seperti abu, biru muda, biru dongker, kuning, ungu, merah, oranye, krem, hijau tua, hijau muda, maupun hijau kuning,” kata Choirul Fajri, S.I.Kom., M.A. selaku Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) saat ditemui di ruang Bimawa Kampus Utama, Jalan Ahmad Yani Lingkar Selatan, Tamanan, Bantul, Yogyakarta.

“Tulisan P2K yang menyatu menggambarkan bahwa setiap fakultas, civitas akademika, mahasiswa, maupun staf sangat menjunjung tinggi semangat persatuan dan kerja sama,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, garis lengkung berbelok yang terdapat pada unsur logo melambangkan keanggunan yang artinya setiap mahasiswa UAD memiliki tingkah laku yang baik dan berwibawa maupun setelah menjadi alumni.

“Bentuk bangun yang terdapat pada logo berupa segitiga, persegi panjang, dan setengah lingkaran, tersebut memiliki ujung yang runcing melambangkan kekuatan dan keberanian. Selanjutnya, bentuk V merupakan angka 5 dalam romawi, di mana melambangkan nilai-nilai Islam yaitu 5 rukun Islam.

Fajri juga mengatakan bahwa proses pembuatan logo P2K UAD 2021 diserahkan kepada tim Humas UAD serta tetap menjalin komunikasi dengannya hingga mendapatkan persetujuan bersama. Waktu pembuatan logo tersebut kurang lebih dua minggu. (Amb)