Sabtu, 29 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Eksplorasi Diri Melalui Organisasi Kemahasiswaan

Eksplorasi Diri Melalui Organisasi Kemahasiswaan
Pers Mahasiswa Poros, salah satu unit kegiatan mahasiswa (UKM) di UAD (Foto: Istimewa)

Tidak sedikit fasilitas peminatan yang diberikan wadah oleh Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Di antaranya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), organisasi mahasiswa (ormawa), ataupun organisasi otonom Muhammadiyah (ortom). Selain meningkatkan potensi, bakat, dan minat mahasiswa, di dalamnya juga diperoleh banyak pembelajaran, seperti kepemimpinan, relasi, dan tentunya pengetahuan umum yang jarang didapat di pembelajaran formal.

Terdapat 16 UKM yang ada di UAD, di antaranya UKM Badminton, UKM Karate, UKM Mahasiswa Ahmad Dahlan Pecinta Alam (Madapala), UKM Musik, UKM Paduan Suara Mahasiswa (PSM), UKM Sepak Bola, UKM Bola Basket, UKM Koperasi Mahasiswa (Kopma), UKM KSR-PMI, UKM Pers Mahasiswa “Poros”, UKM Taekwondo, UKM Bola Voli, UKM Fotografi “Lensa UAD”, UKM Menwa UAD, UKM Pramuka, dan UKM Seni Tari. Seperti namanya, di UKM bisa mengeksplorasi kemampuan diri mahasiswa di luar perkuliahan.

“Mengikuti organisasi ataupun UKM itu sangat menarik, karena melalui wadah tersebut mahasiswa bisa meningkatkan kemampuan dan memperluas relasi yang sangat membantu mereka, baik individu maupun organisasi,” tutur Adil Al Hasan selaku Pemimpin Redaksi Poros, salah satu UKM di UAD.

Di luar mengeksplorasi diri, seperti kepemimpinan dan memperoleh pengalaman untuk belajar memberdayakan diri dan orang lain, bisa juga diperoleh dari ortom dan ormawa UAD. Andra yang merupakan salah satu Gubernur BEM di UAD ketika diwawancarai lewat WhatsApp mengatakan, “Orang yang baik adalah ketika semasa hidupnya sering mengalami kegagalan daripada menghabiskan masa hidupnya tanpa melakukan apa pun. Jadi, jangan takut untuk mengambil kesempatan, jangan takut untuk berproses, dan jangan takut untuk harus berhadapan dengan risiko ataupun konsekuensi. Sebab hal semacam ini adalah bentuk proses untuk memperoleh apa yang belum pernah didapat.” (Lrs).