Sabtu, 18 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Dibalik Medali Diraih, Ada Pembimbing Gigih

Dibalik Medali Diraih, Ada Pembimbing  Gigih

Bincang Guru atau BIRU sebuah acara yang diadakan oleh One Voice. Setiap minggu nya menghadirkan narasumber sosok Guru inspiratif. Kali ini berkesempatan hadir Pak Lis Prasetyo, S.Pd., M.T. yang merupakan salah satu pembimbing LKS jurusan Mesin di Smk Negeri 1 Semarang. LKS (Lomba Kompetensi Siswa) itu merupakan ajang kompetensi untuk anak-anak Sma/Smk dalam bidang keahlian yang bermacam-macam diambil dari siswa terbaik dari masing masing jurusan yang terpilih lalu diikutkan kejuaraan. Pada program teknik mesin terdiri dari mechanical engineering Cad (gambar mesin)dimana sistem menggunakan komputer dan banyak bidang lainnya. Menurut Pak Lis sebagai pembimbing mengatakan bahwa bimbingan tidak mengenal kata tantangan karena mengasikan. Kadang juga muncul beberapa hal yang dirasa perlu menempuh tahapan dan sekolah sudah menyiapkan. Kompetensi lomba LKS dengan sekolah lain sama. Syarat mengikuti lomba mechanical engineering (Cad) khusus nya gambar mesin dengan cara melihatnya anak-anak yang fokus mempunyai keingintahuan tinggi di bidang mesin.

Beberapa manfaat mengikuti LKS dalam yaitu lebih mendalami bidangnya dalam mata lomba dan juga memperbanyak relasi pertemanan

Tips dari Pak Lis yaitu dari sekian keterampilan yang dibimbingkan adalah ambil 1 fokus, tekuni dan senangilah dan yakin itu pasti berguna dan nanti akan menjadi besar pada saatnya.

 

Eko Ananto, S.I.Kom (Tim Humas STEMSA)