Jumat, 10 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

PENTINGNYA TOLERANSI ANTAR UMAT AGAMA

Toleransi antar umat beragama merupakan hal yang penting untuk dimiliki setiap orang saat ini. Jika setiap orang memiliki sikap toleransi yang tinggi, maka ini akan meminimalisir terjadinya konflik antar umat beragama, dan kehidupan antar umat beragama pun akan terjalin dengan tentram dan damai. Maka dari itu, sangatlah penting untuk menerapkan sikap toleransi dengan umat beragama lainnya.

Toleransi dan kebebasan adalah dua hal yang sering berseberangan dalam kehidupan manusia, terutama dalam masyarakat di mana perbedaan persoalan ini menjadi rumit jika didekati dalam ranah agama. Kebebasan beragama dipandang sebagai sesuatu yang mengganggu kerukunan.

Menurut Umar Hasyim, toleransi beragama diartikan sebagai pemberian kebebasan kepada sesama manusia dan masyarakat untuk menjalankan keyakinannya atau mengatur hidupnya dan menentukan nasib masing-masing. Pemberian kebebasan itu dilakukan selama ia tidak melanggar dan tidak bertentangan dengan asas terciptanya ketertiban dan kedamaian dalam masyarakat.

seorang penulis mengatakan bahwa al-Qur’an merupakan fundamen (dasar) bagi berdirinya toleransi yang sangat kaya dan luar biasa. Substansi yang dituturkan al-Qur’an bukan hanya menjaga jiwa, agama, harta, akal dan keturunan, tetapi juga menjunjung tinggi agama-agama dan kepercayaan lain. Hal ini adalah poin-poin di dalam maqashid al-syariah.

Toleransi antar umat beragama perlu kita tanamkan dalam kehidupan kita, karena itu sangat penting bagi semua orang di dunia saat ini. Semakin banyak orang yang memiliki sikap toleran, semakin baik bagi negara ini, karena konflik dapat dikurangi dan kehidupan antar umat beragama akan jauh lebih baik dan damai. Inilah mengapa sangat penting untuk menerapkan sikap toleransi sekarang, karena akan sangat membantu dalam kehidupan kita di masa depan.

Sikap toleransi dapat kita mulai dari diri sendiri, contohnya: jika kita melihat atau mendengar sesama kita menimbulkan sikap intoleran, kita bisa menegurnya dan jangan membiarkannya. Untuk itu, kita sebagai generasi penerus bangsa mari belajar menghargai dan menerapkan sikap toleransi kepada sesama entah itu perbedaan suku, agama, maupun ras, karena sejatinya kita semua bersaudara.