Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Lulusan UI Siap Tambah Skill Melalui CFO Graduate Program dari Grab

Lulusan UI Siap Tambah Skill Melalui CFO Graduate Program dari Grab

Depok, 6 Mei 2024. Universitas Indonesia (UI) berkomitmen menghasilkan lulusan yang tidak hanya unggul di bidang akademik, tetapi juga memiliki kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja. Untuk itu, UI menjalin kerja sama dengan berbagai mitra industri—salah satunya dengan Grab Indonesia—guna menambah skill para lulusan. Melalui kerja sama ini, mahasiswa UI berkesempatan mengikuti Indonesia Chief Financial Officer (ID CFO) Graduate Program yang selenggarakan Grab Indonesia.

Direktur Pengembangan Karier, Lulusan, dan Hubungan Alumni (DPKHA) UI, Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc., Ph.D, sangat mendukung program tersebut karena dapat menjadi opsi bagi para lulusan UI dalam upaya merintis karier. “Ekosistem yang dikembangkan Grab sangat sesuai dengan karakteristik tempat kerja di masa depan, yakni sebagai tempat belajar sekaligus tempat mengekspresikan ide-ide kreatif dan inovatif. Semoga kegiatan semacam ini dapat ditingkatkan, sehingga peluang para lulusan UI untuk mengembangkan karier yang sesuai dengan aspirasinya menjadi makin terbuka,” kata Syafiq.

CFO Graduate Program merupakan program yang memberikan pengalaman bekerja bagi para lulusan universitas. Program ini memberi kesempatan kepada para peserta untuk bekerja di Grab’s Finance and Business Departments selama 24 bulan dan terlibat dalam proyek pengembangan Grab. Dalam jangka waktu itu, peserta akan dirotasi ke empat bagian, yakni Financial Planning & Analysis, Controllership, Strat Financial, dan Corporation Strategy.

Chief Financial Officer Grab, Dion Soetadi, dalam acara Grab Campus Talk yang diadakan di Student Center Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UI, Rabu (24/4) lalu, menyebut bahwa CFO Graduate Program berhasil dilaksanakan di Singapura. Keberhasilan ini kemudian mendorong pelaksanaan program tersebut di Indonesia. “Pelaksanaan program ini memiliki tiga tujuan utama, yaitu kolaborasi multi-sektor (keuangan, bisnis, dan teknologi); pelatihan; serta pengarahan langsung dari senior yang ahli di bidangnya,” ujarnya.

Melalui program tersebut, ide-ide baru yang diberikan oleh para peserta dapat diserap menjadi budaya organisasi. Selain itu, para peserta juga dapat meningkatkan kemampuan berkarier dan berjejaring. “Kami percaya, lulusan UI yang dikenal sebagai figur-figur dengan segudang ide yang luar biasa mampu berkontribusi besar pada program ini,” kata Anthon Suryadi selaku Accounting Head, GFS, Rental and Wheal Bussines Grab.

CFO Graduate Program mencari kandidat dengan beberapa kriteria. Pertama, merupakan lulusan tahun 2024 dari jurusan bisnis, ekonomi, teknik industri, atau matematika dengan IPK minimal 3,60. Kedua, memiliki rekam jejak yang baik dan aktif dalam organisasi kemahasiswaan. Ketiga, berminat dengan bidang keuangan dan teknologi, serta fokus terhadap dampak sosial. Terakhir, mempunyai keterampilan numerik dan analitis yang kuat di bidang keuangan atau akuntansi.

Periode registrasi program ini dibuka pada 25 Maret hingga 10 Mei 2024. Bagi lulusan yang berminat mengikuti program tersebut, mereka dapat mengirimkan kelengkapan dokumen (curriculum vitae, surat lamaran kerja, dan transkrip nilai) melalui Grab Careers. Pihak Grab akan menilai kelayakan dokumen yang dilampirkan dan peserta yang lolos seleksi akan diundang untuk mengikuti sesi wawancara. Selanjutnya, peserta yang lolos akan diumumkan melalui Grab Careers.

Talent Acquisition Grab, Nadia Sudaryomo, menyampaikan ada enam kemampuan yang mereka cari dari para kandidat, yakni komunikasi yang baik, pemikiran untuk terus tumbuh, cakap dalam menyelesaikan masalah, cepat beradaptasi di lingkungan kerja, giat dan agresif, serta beretika. “Grab juga mengamanatkan 4H yang perlu ditaati, yaitu hunger (rasa ingin tahu), heart, humanity, dan honour,” ujarnya.

Selain CFO Graduate Program, saat ini Grab juga membuka Grab OVO Internship Program dan Grab OVO Campus Apprenticeship Program bagi mahasiswa UI. Nadia percaya mahasiswa UI adalah kandidat yang tepat untuk berpartisipasi dalam berbagai program yang diinisiasi oleh pihak Grab.