Sabtu, 04 Mei 2024
Perguruan Tinggi

UB Gandeng OJK Gelar Seminar Pasar Modal

UB Gandeng OJK Gelar Seminar Pasar Modal

Universitas Brawijaya bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengadakan “Seminar Pasar Modal”, Kamis (29/2/2024).

Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kewirausahaan Universitas Brawijaya, Dr. Setiawan Noerdajasakti, SH., MH., Kepala Departemen Pengaturan dan Pengembangan Pasar Modal OJK. Antonius Hari P.M.

Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UB, Ainur Rofiq, Ph.D menjelaskan, kenapa para mahasiswa harus melek soal pasar modal.

“Karena pasar modal ini adalah instrument untuk perekonomian yang cukup strategis. Sehingga mahasiswa diharapkan nanti  meskipun tidak berkarir di pasar modal, tapi diharapkan mereka bisa menginvestasikan pendapatanya agar lebih produktif lagi melalui pasar modal,” katanya.

Ainur mengatakan, FEB UB sendiri telah mempunyai mata kuliah tentang investasi.  Dimana mahasiswa akan diajari bagaimana menjadi seorang investor yang benar. Namun pihaknya memandang,  acara seminar semacam ini sangat penting untuk dilakukan agar literasi para mahasiswa terkait pasar modal bisa lebih luas.

Kepala Departemen Pengaturan dan Pengembangan Pasar Modal OJK, Antonius Hari P. M mengatakan, pasar modal menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui oleh para mahasiswa.

“Kegiatan ini tidak hanya untuk menambah ilmu saja, tetapi juga memberikan inovasi dan penelitian baru, agar lebih dapat menciptakan dan mempraktikan apa yang harus dilakukan anak muda untuk kegiatan investasi anak muda saat ini,” katanya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri narasumber ahli di bidang pasar modal seperti Nurman Cahyadi, Direktur Perizinan Profesi dan Lembaga Penunjang Pasar Modal OJK, Bapak Jeffrey Hendrik, Direktur Pengembangan PT Bursa Efek Indonesia, Bapak Mauldy R. Makmur, Dewan Eksekutif APRDI, dan Sabirin, Ketua Laboratorium Investasi dan Pasar Modal serta Dosen Departemen Akuntansi FEB UB.

Acara juga dihadiri oleh 2200 peserta seminar dari berbagai universitas se Malang raya juga turut memeriahkan acara ini.

Dengan adanya seminar ini, diharapkan pemahaman masyarakat, terutama kalangan akademisi, tentang pasar modal dapat semakin meningkat [sha, 2024].