Senin, 29 April 2024
Perguruan Tinggi

Ratusan Mahasiswa Antusias Ikuti ONMIPA-PT Tingkat Unimed Tahun 2024

Ratusan Mahasiswa Antusias Ikuti ONMIPA-PT Tingkat Unimed Tahun 2024

Universitas Negeri Medan mengadakan kegiatan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi Tingkat Unimed  (ONMIPA-PT)  Tahun 2024 yang diadakan di Ruang Aula Lt. 4 Gedung Digital Library Unimed pada Selasa (05/03). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor IV Prof. Dr. Erond Litno Damanik, M.Si. dihadiri Wakil Dekan III dari seluruh Fakultas dan Kajur di lingkungan Unimed beserta Dosen, Juri Olimpiade dan Mahasiswa Peserta Olimpiade.

Dalam sambutan sekaligus membuka acara Wakil Rektor IV Prof. Dr. Erond Litno Damanik, M.Si. menyampaikan apresiasi dan dukungan atas terselenggaranya kegiatan ini. Seluruh pimpinan Unimed mendukung dan mensupport secara full pelaksanaan ONMIPA ini, semoga nantinya kita mendapatkan grafis yang meningkat dalam prestasi ONMIPA dari tahun ketahun. Kita berharap bahwa pelaksanaan olimpiade  di tingkat universitas ini bisa memberikan berita –berita baik dan membanggakan bagi unimed  dan bisa mengukir prestasi di tingkat regional (Sumatera Utara),Nasional maupun Internasional untuk mengharumkan Unimed serta memberikan manfaat bagi kita semua.” tuturnya.

Peserta yang mengikuti ONMIPA-PT  pada tahun ini di ikuti mahasiswa FMIPA sebanyak 388 mahasiswa dan Fakultas Teknik sebanyak 14 mahasiswa. yang akan mengikuti 4 bidang seleksi KNMIPA yaitu: matematika, fisika, biologi dan kimia, kegiatan berlangsung selama satu hari. Materi yang diujikan pada seleksi ini disusun oleh Dosen tim Juri yang memiliki pengalaman dalam kancah Olimpiade.

Tri Andri Hutapea, S.Si., M.Sc., sebagai Ketua Panitia pelaksana kegaiatan menyampaikan pada laporannya  ONMIPA-PT merupakan salah satu program Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang bertujuan Mempromosikan dan Meningkatkan daya Tarik MIPA di tengah-tengah masyarakat, Meningkatkan motivasi belajar mahasiswa di bidang MIPA, Meningkatkan kemampuan akademik dan memperluas wawasan mahasiswa bidang MIPA, Meningkatkan kualitas pembelajaran di bidang MIPA, Memberikan masukan untuk perbaikan pembelajaran di perguruan tinggi, khususnya dalam bidang MIPA, dan Mengapresiasi mahasiswa yang berprestasi di Bidang MIPA. Pelaksanaan ON MIPA PT ini terdiri dari 3 tahapan yaitu: Tahap I (Seleksi Tingkat Perguruan Tinggi), Tahap II (Seleksi Tingkat Wilayah), dan Tahap III (Seleksi Tingkat Nasional, yang berjumlah maksimal 65 Orang untuk setiap bidang).

Melalui kegiatan ini, akan diseleksi 5 mahasiswa terbaik untuk setiap bidang lomba, untuk selanjutnya didaftarkan ke BPTI sebagai utusan mahasiswa UNIMED mengikuti Seleksi ONMIPA-PT tingkat LLDIKTI I, Wilayah Sumatera Utara, yang dijadwalkan dilaksanakan pada tanggal 23 – 26 April 2024, Secara Daring. Seluruh Pimpinan Universitas Negeri Medan mendukung secara full pelaksanaan ON MIPA sehingga tim ON MIPA UNIMED mencapai ON MIPA Tingkat Nasional yang dijadwalkan pada Tanggal 12 – 17 Mei 2024. Ujar Tri Andri. (Humas Unimed/ms)