Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

KKN UAD Adakan Pelatihan Maintenance dan Manajemen Konten Web di Klangon

KKN UAD Adakan Pelatihan Maintenance dan Manajemen Konten Web di Klangon

KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) adakan pelatihan maintenance dan manajemen konten web di Klangon (Dok. Istimewa)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta Periode 119 Unit XIV B.3 melakukan kegiatan Pelatihan Maintenance dan Manajemen Konten Website Profil Padukuhan Klangon Melalui Halaman Admin. Kegiatan ini diselenggarakan di Padukuhan Klangon, Banjaroya, Kalibawang, Kulon Progo, pada Selasa, 27 Februari 2024 dengan diikuti oleh remaja Padukuhan Klangon.

Habbatul Qolbi H. selaku salah satu anggota KKN menjelaskan bahwa sebelum melakukan pelatihan, ia mengenalkan terlebih dahulu situs web profil Klangon yang terdiri atas halaman beranda yang berisi gambaran umum padukuhan dan deskripsi geografis padukuhan yang disertai map, halaman perangkat yang berisi nama perangkat padukuhan beserta jabatannya, halaman potensi yang berisi potensi berupa tempat wisata atau usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di padukuhan.

Ada pula halaman pengumuman yang berisi artikel, berita, atau pengumuman di padukuhan. Selain itu halaman visi-misi yang berisi visi dan misi dari warga padukuhan, serta halaman demografi yang berisi statistik perbandingan jumlah warga berdasarkan kelompok tertentu yang ditampilkan melalui chart.

“Pelatihan ini dilakukan dengan cara melakukan input data demografis yang meliputi mengubah, menghapus, atau menambah data. Lalu, melakukan input artikel pada halaman pengumuman dan melakukan input perangkat padukuhan pada halaman perangkat,” ujar Habbatul Qolbi H.

Ia menambahkan, “Selain itu, pelatihan tersebut dibuat untuk meningkatkan keterampilan digital remaja dalam mengelola dan memelihara konten situs web, sehingga mereka dapat menjadi lebih terampil dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk kepentingan komunitas. Selain itu, pelatihan bertujuan untuk memperkenalkan konsep keamanan informasi dan penggunaan operasi create, read, update, dan delete (CRUD) dalam keilmuan informatika, sehingga remaja dapat memiliki pemahaman yang lebih luas tentang dunia digital.” (doc)

uad.ac.id