Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa UAD Adakan Kegiatan Keagamaan di Padukuhan Sapuangin

Mahasiswa UAD Adakan Kegiatan Keagamaan di Padukuhan Sapuangin

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) adakan kegiatan keagamaan di Padukuhan Sapuangin (Dok. Istimewa)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Unit XI.C.2, dengan dosen pembimbing lapangan (DPL) Dr. Dedi Pramono, M.Hum. telah melaksanakan serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Isra Mikraj Nabi Muhammad saw. 1445 H pada tanggal 8 hingga 10 Februari 2024 lalu. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja utama dari KKN Unit XI.C.2 yang diselenggarakan di Padukuhan Sapuangin, Kelurahan Trimurti, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Serangkaian acara dibuka dengan adanya kajian islami yang dilakukan di Masjid An-Nur Mangiran pada Kamis, 8 Februari 2024. Kajian diikuti oleh seluruh warga Padukuhan Sapuangin. Kuwat Santoso dihadirkan sebagai pengisi ceramah malam peringatan Isra Mikraj dengan tema “Perjalanan Isra Mikraj Nabi Muhammad”.

Selain kajian islami, kegiatan dilanjutkan dengan beberapa lomba pada Jumat, 9 Februari. Lomba tersebut meliputi lomba mewarnai, hafalan surah pendek, tartil Al-Qur’an, dan lomba cerdas cermat. Lomba-lomba itu ditujukan untuk anak-anak dengan rentang usia yang sesuai kriteria. Lomba mewarnai diikuti oleh anak-anak dengan kriteria usia 5–7 tahun, lomba hafalan surah diikuti oleh anak-anak dengan kriteria usia 7–9 tahun, lomba cerdas cermat diikuti oleh anak-anak dengan kriteria usia 9–12 tahun secara berkelompok, dan lomba tartil diikuti oleh anak-anak dengan kriteria usia 9 tahun ke atas.

Pengumuman juara yang dilakukan pada 10 Februari menjadi saat-saat yang paling dinantikan setelah lomba selesai. Mereka menyambut dengan penuh antusias, baik dari anak-anak yang telah mengikuti perlombaan, hingga warga Padukuhan Sapuangin yang ikut hadir dan menyaksikan di TPA.

Harapannya dengan adanya kegiatan tersebut menjadi pengingat untuk masyarakat terkait peristiwa penting dalam agama Islam yakni perjalanan spiritual Nabi Muhammad saw. ke langit ketujuh yang menjadi sejarah. Selain itu, kegiatan lomba digelar dengan tujuan untuk menyalurkan bakat dan kemampuan yang dimiliki oleh anak-anak. (doc)

uad.ac.id