Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Alumnus Fisip Universitas Jember, Kini Dilantik Sebagai Komandan Brigif Infanteri 9/Dharaka Yudha

Alumnus Fisip Universitas Jember, Kini Dilantik Sebagai Komandan Brigif Infanteri 9/Dharaka Yudha

Jember, 28 Maret 2024,

Letkol inf Dr. La Ode Muhammad Nurdin, S.Sos.,M.I.Pol. salah satu alumnus Program Doktoral Universitas Jember kini resmi di lantik sebagai Komandan Brigif Infanteri 9/Dharaka Yuda 14 Maret 2024 lalu, belum lama dirinya di wisuda pada periode II tahun akademik 2023/2024 lalu, ia juga menjadi wisudawan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi di jenjang S-3, dengan IPK 3,88. Hari itu ada 751 wisudawan yang dilantik oleh Rektor Universitas Jember.

Pria yang pernah menjabat sebagai Komandan Distrik Militer (Dandim) 0824 Jember ini menyampaikan rasa syukurnya bisa berkiprah kembali di Kabupaten Jember. Pasalnya apa yang dituangkannya dalam disertasi berjudul “Program Deliberatif Dalam Optimalisasi Kebijakan Bela Negara di Kabupaten Jember” adalah hasil pengamatan dan pengalaman selama menjabat sebagai Dandim 0824 Jember.

“Saat saya menjabat sebagai Dandim 0824 Jember saya punya program satu sekolah satu Babinsa sebagai usaha menanamkan bela negara dan kedisiplinan. Termasuk menjangkau dunia kampus. Dari pelaksanaannya, saya melihat program ini bisa dikembangkan lebih baik dengan inovasi lebih lanjut, tentu dengan kajian akademis yang komprehensif. Selain itu saya merasa sebagai seorang komandan harus memiliki bekal pengetahuan lebih banyak lagi agar mampu menjalankan tugas selanjutnya. Maka saya putuskan menempuh kuliah di jenjang S-3 di FISIP Universitas Jember. Alhamdulillah berbekal semangat gigih, tekun dan sabar akhirnya bisa lulus,” ungkapnya.


Lalu ia menjelaskan tentang tugas dan fungsi jabatan terkini adalah melaksanakan optimalisasi pembinaan satuan terhadap batalyon yang ada di jajaran agar dapat lebih maksimal dalam melaksanakan tugas-tugasnya dalam operasi militer perang dan operasi militer selain perang mendukung tugas pemerintah daerah.

“Jadi sebagai alumnus Universitas Jember ada beberapa Program yang ingan dapat dikerjasamakan, yaitu program ketahanan pangan terpadu berbasis kearifan lokal dan teknologi pertanian berbasis energi terbarukan, misalnya saja penggunaan pompa menggunakan tenaga surya untuk mendorong produktivitas pertanian masyarakat, saya rasa Universitas Jember punya SDM-SDM yang punya konsentrasi tentang program ini, baik dari penelitian atau pengabdian mahasiswa dan dosen di UNEJ,” jelasnya.

Dirinya berharap, konsentrasi masyarakat Jember terhadap swasembada pangan dapat dikuatkan kembali, utamanya para kaulamuda untuk membangun citra modern pertanian di Indonesia, khususnya di Kabupaten Jember.

Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng., IPM. Rektor Universitas Jember mengucapkan Selamat dan sukses untuk Letkol inf Dr. La Ode Muhammad Nurdin, S.Sos.,M.I.Pol. Pasalnya telah membanggakan almamaternya, UNEJ dengan mendapatkan kepercayaan sebagai komandan Brigif 9. “Saya yakin dengan bekal ilmu yang diperoleh di kampus ini, Brigif 9 akan makin berkembang. Semoga karier beliau makin moncer ,” ujarnya.(is)