Selasa, 30 April 2024
Perguruan Tinggi

PKM Center UAD Sukseskan Seleksi ON-MIPA Tahap 2 Tingkat Universitas

PKM Center UAD Sukseskan Seleksi ON-MIPA Tahap 2 Tingkat Universitas

Seleksi Internal Tahap 2 ONMIPA Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Dok. Ulin)

Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Centre sebagai koordinator pelaksanaan Seleksi Internal Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ONMIPA) UAD telah sukses melangsungkan tahap ke-dua nya bagi Bidang Biologi dan Bidang Matematika pada hari Sabtu, 23 Maret 2024 yang mana merupakan agenda lanjutan setelah dilaksanakannya seleksi tahap 1 pada 25 Januari 2024 lalu.

Dalam sambutannya, Danang Sukantar, M.Pd. selaku Kepala Bidang Pembinaan Organisasi Kemahasiswaan dan Prestasi Mahasiswa berharap bahwa peserta dapat menjadi lolos di Tingkat nasional yang terfilter sendiri dan hasilnya dapat lebih bagus lagiserta diberi kelancaran bagaimanapun hasil nantinya.

Setelah terpilih 10 peserta yang lolos seleksi tahap 1, dilanjutkan dengan bimbingan belajar selama 2 minggu, baik secara daring ataupun luring Bersama pembimbing tiap bidangnya. Selama bimbingan, peserta dibekali materi yang sekiranya selalu terdapat pada soal-soal ONMIPA setiap tahunnya, dengan metode belajar mandiri, menjawab soal dan diskusi.

“Persiapan dengan belajar Bersama pembimbing, baca-baca materi dan mengulas soal, dengan adanya bmbingan ini sangat membantu karena mungkin dari kita belum paham atau lupa dapat mengetahui, tambah ingat dan tambah paham lagi” ungkap Linda Prasetiani, salah satu peserta dari Bidang Biologi

Tahap 2 ini tentunya peserta harus lebih gigih berlatih lagi karena tinggal selangkah lagi untuk dapat menjadi 5 besar perwakilan Universitas di kancah Wilayah, “dari segi soal saat tahap 1 masih belum tahu persis apa yang akan keluar dari soal ONMIPA, tapi saat seleksi tahap 2 materinya lebih spesifik mana yang akan dikeluarkan dalam soal ONMIPA,” tambah Linda

“Harapanku pribadi buat ONMIPA ya pasti pengen banget bisa jadi salah satu perwakilan kampus yang bisa ikut ONMIPA tingkat wilayah dan lolos buat lanjut ke nasional. Syukur-syukur bener-bener bisa bawa nama kampus dalam artian bisa menang di tingkat nasional juga. Entah tahun ini atau di tahun depan Insya Allah, tapi aku pasrahin apapun hasilnya sama Allah. Bismillah aja dulu,” tutup linda dalam wawancaranya beberapa waktu lalu. (doc)

uad.ac.id