Minggu, 05 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Targetkan Peringkat 10 Besar, LPMPP Untirta gelar Workshop Penyusunan Mekanisme Pelaporan untuk Memenuhi UI-GreenMetric

Targetkan Peringkat 10 Besar, LPMPP Untirta gelar Workshop Penyusunan Mekanisme Pelaporan untuk Memenuhi UI-GreenMetric

Serang, – Lembaga Penjamin Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menggelar Workshop Penyusunan Mekanisme Pelaporan untuk Memenuhi UI-GreenMetric dan 1st Assessment UIGM 2024 di ruang Multimedia gd. Rektorat Untirta pada hari Rabu pagi (24/04).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Prof. Dr. Rudi Zulfikar, SE.Akt, MM, Si. Selaku Ketua SPI, Dr. Rusmana, Ir., MP selaku Wakil Rektor bidang Akademik, Prof. Dr.-Ing. Ir. Asep Ridwan, ST., MT., IPU. selaku Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum, Dr. Agus Sjafari, M.Si. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Alfirano, ST., MT. selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi, Prof. Dr. Ir. Wahyu Susihono., ST., MT.,IPM., ASEAN Eng selaku Kepala LPMPP, Prof. Dr. Meutia, SE., MP Selaku Kepala LPPM, Para Dekan dan Wakil Dekan, Para Kabiro, Kapus dan tamu undangan lainnya. Turut hadir pula dalam kesempatan tersebut sebagai Narasumber yaitu Prof. Ir. Gunawan Tjahjono, M. Arch., Ph.D dan Dr. Hayati Sari Hasibuan, ST., MT. selaku assessor senior UI-GreenMetric serta Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.M., M. Sc selaku Ketua UI GreenMetric World University Rankings.

Heri Haryanto, MT. selaku Kepala Pusat Pengembangan Kampus Hijau yang Smart terintegrasi dan berkelanjutan LPMPP Untirta menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sekaligus merupakan sosialisasi kepada para pimpinan Untirta bagaimana kategori UI-GreenMetric diterapkan. “Harapannya setiap unit memahami kriteria apa saja yang menjadi penilaian dalam UI-GreenMetric tersebut dan kedepannya bisa menyusun program program dalam menunjang visi misi Untirta terhadap green kampus,” ucapnya. Beliau optimis di tahun 2024 Untirta mampu memperoleh peringkat 10 Besar Nasional.

Prof. Dr. Wahyu Susihono dalam sambutannya menyampaikan bahwa Untirta berhasil meraih peringkat 127 dari 1183 universitas di 84 negara naik 13 peringkat dari tahun sebelumnya yakni di peringkat 140 di tahun 2022. Untuk di level nasional Untirta berhasil naik dua peringkat menjadi peringkat ke 17 Nasional sebagai kampus berkelanjutan. “Saat awal bergabung di tahun 2020 Untirta berhasil masuk peringkat 30 nasional dan meraih penghargaan The Best New Participant University” ucap beliau. Beliau juga menyampaikan komitmennya untuk terus mengupayakan pengembangan dari indikator UI-GreenMetric. Beliau berharap indikator UI-GreenMetric ini bisa menjadi keharusan dan budaya di lingkungan Untirta.

Rektor Untirta melalui video sambutannya karena sedang berhalangan hadir menyampaikan ras terimakasih dan apresiasinya atas kemitraan, pembinaan dan arahan untuk mewujudkan kampus Untirta yang Healthy, Integrated, Smart and Green University yang Unggul, Berkarakter dan Berdaya Saing ditingkat Global. “Ini adalah bentuk komitmen kita secara terus menerus mewujudkan kampus Untirta sebagai kampus yang ramah lingkungan,” ucap beliau.

Prof. Dr.-Ing. Ir. Asep Ridwan Sekaligus Wakil Rektor bidang II mewakili Rektor Untirta membuka kegiatan Workshop tersebut. Beliau menyampaikan bahwa hal ini menjadi PR bersama seluruh sivitas Untirta. “Untuk mewujudkan Untirta yang ramah energi Untirta sudah memiliki solar panel di gedung Fisip dan targetnya ditahun ini akan kami bangun juga digedung lainnya dengan total 350 KWh,” ucap beliau. Selain itu beliau juga menyampaikan di Fakultas Teknik sudah dibangun tempat pengelolaan sampah dimana sampah dikumpulkan dan di olah langsung di TPS3R Fakultas Teknik Untirta. Beliau juga menyampaikan bahwa ditahun ini Untirta akan mengupayakan pembangunan tempat pengolahan sampah limbah B3 dan pengelolaan air minum di lingkungan kampus Untirta.

Sebagai Informasi tambahan, tahun ini Untirta memasuki tahun ke – 5 dalam mengikuti UI-GreenMetric dari awalnya berada di peringkat 30 terus naik hingga berhasil meraih peringkat ke – 17 di tahun 2023. Penilaian UI-GreenMetric terdiri dari 71 Indikator dari 6 Kategori antara lain: Penataan Ruang dan Infrastruktur, Energi dan Perubahan Iklim, Tata Kelola Sampah dan Limbah, Tata Kelola Air, Akses dan Mobilitas, dan Tatapamong/Governance. (MA/PPVA/AAP)