Jumat, 17 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Profesi ke-XII Fikes Umsida

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Profesi ke-XII Fikes Umsida

Umsida.ac.id – Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (FIKES Umsida) mengadakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Profesi ke XII Tahun Akademik 2023-2024. Bertempat di ruang Mini Theater pada Selasa, (30/04/2024), ada tiga program studi yang akan disumpah pada kegiatan ini. 

Baca juga: Pelantikan dan Sumpah Profesi Ke-XI Fikes Umsida, Jejak Langkah 38 Lulusan Menuju Profesi Kesehatan

Total ada 22 lulusan yang akan disumpah.  Diantaranya, 15 lulusan dari prodi Pendidikan Profesi Bidan, 5 lulusan dari D4 Teknologi Laboratorium Medis, dan 2 lulusan dari prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan.

Beberapa tamu penting yang turut hadir pada pelantikan profesi ini, seperti rektor Umsida, dekan, wakil dekan, dan jajaran pimpinan FIKES Umsida, perwakilan pimpinan organisasi profesi, Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATELKI), dan Perhimpunan Profesional Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Indonesia (PORMIKI), dan juga wali mahasiswa lulusan.

Pelantikan dan pengambilan sumpah profesi dibuka dengan pembacaan Surat Keputusan Penetapan Peserta Pelantikan dan Pengambilan Sumpah FIKES Umsida oleh wakil dekan FIKES Umsida, Jamilatur Rohmah SSi MSi.

Acara berlanjut dengan pembacaan laporan kegiatan oleh dekan FIKES Umsida, Evi Rinata SST MKeb. Ia mengatakan bahwa perjalanan para lulusan hingga ke jenjang profesi bukanlah pencapaian yang mudah. Hal itu butuh kedisiplinan, ketekunan, dan pengorbanan semua pihak, khususnya orang tua yang telah mengerahkan seluruh daya upaya dan doa yang tiada hentinya.

Pesan pengambilan sumpah profesi

sumpah profesi FIKES Umsida

Dosen kebidanan itu berpesan, “Bagi para lulusan predikat ahli madya maupun profesi bidan, setelah pelantikan dan pengambilan sumpah ini telah melekat pada diri para lulusan sekaligus akan menjadi anggota IBI, PALTEKI, dan PORMIKI. Harapan kami, jadilah ahli yang berkarakter Islami, profesional, serta selalu rendah hati dalam mengamalkan ilmu dan keahliannya,”.

Dalam menyampaikan laporan, Evi, sapaanya, menjelaskan lebih dalam tentang FIKES Umsida. FIKES sendiri memiliki 6 program studi, yaitu S1 Kebidanan, D4 Teknologi Laboratorium Medis, D4 Manajemen Informasi Kesehatan, S1 dan D3 Fisioterapi, serta program profesi bidan.

Baca juga: Dekan Fikes Umsida Ungkap 5 Penyakit Ini Muncul Saat Perubahan Musim dan Cara Mencegahnya

“Dalam 2 tahun ke depan, InsyaAllah FIKES berencana akan menambah dua program studi baru saat ini kami sudah membentuk tim Task force dan sudah bekerja, yaitu prodi S1 Gizi dan prodi S1 Farmasi,” tuturnya.

Setelah prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah profesi ini, lanjutnya, para lulusan bisa segera mengurus surat tanda registrasi sebagai persyaratan menjadi tenaga kesehatan Indonesia. Bercermin pada visi Umsida dan moto “FIKES HEBAT”, (Humble, Enthusiast, Bravery, Achievement, and Trustworthy), FIKES berkomitmen untuk terus mengembangkan dan meningkatkan mutu akademik yang diturunkan menjadi 10 strategy exam plan. Diantaranya yaitu kurikulum, SDM, akreditasi, PMB, kemahasiswaan dan prestasi mahasiswa, kerja sama, penjaminan mutu, pemenuhan sarpras, luaran, dan branding image fakultas.

sumpah profesi FIKES Umsida

“Terakhir, selamat dan sukses kepada seluruh lulusan yang akan dilantik. Semoga bisa berkiprah secara profesional, berdedikasi dalam mengabdi dengan akhlak mulia di tengah masyarakat. Kepada bapak dan ibu wali lulusan, terima kasih atas kepercayaannya kepada kami dalam memberikan pendidikan. Semoga Ilmu pengetahuan yang sudah diperoleh selama kuliah, mampu menjadi bekal untuk mengembangkan diri dan memainkan kontribusi positif dalam meningkat kualitas umat, bangsa, dan negara. Semoga Allah meridhoi cita-cita dan doa kita,” tutup Evi.

Setelah pembacaan laporan oleh dekan, acara dilanjutkan dengan pelantikan dan pengambilan sumpah profesi bidan oleh Sri Mukhodim Faridah Hanum SST MM MKes selaku wali profesi. Sedangkan pengambilan sumpah profesi Ahli Teknologi Laboratorium Medik kepada 5 lulusan prodi D4 Teknologi Laboratorium Medis oleh Wakil Ketua 2 DPW PATELKI Jawa Timur, Didik Sudarmanto SST. 

Baca juga: Umsida Gelar Workshop Interprofessional Education

Dilanjut dengan pengambilan sumpah profesi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan oleh Mohammad Tajuddin AMdPK MM selaku Wakil Ketua DPD PORMIKI Jawa Timur. Pengambilan sumpah lulusan ini didampingi oleh Dr Abdul Rahman MPd dan Dwi Cahyanto STh Selaku Rohaniwan.

Acara ini berlanjut dengan adanya sambutan dari pihak-pihak terkait, seperti dari IBI, Wakil Ketua 2 DPW PATELKI Jawa Timur, Wakil Ketua DPD PORMIKI Jawa Timur, dan rektor Umsida.

Penulis: Romadhona S.