Selasa, 21 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Memperingati Hari Kartini, Dharma Wanita Persatuan Untirta Gelar Seminar Parenting

Memperingati Hari Kartini, Dharma Wanita Persatuan Untirta Gelar Seminar Parenting

Serang – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menggelar hari kedua kegiatan peringatan Hari Kartini 2024 dengan melaksanakan Seminar Parenting di Ruang Multimedia, Gedung Rektorat Sindangsari, Selasa (30/04).

Dengan mengusung tema membangun komunikasi efektif dalam keluarga, seminar parenting ini menghadirkan narasumber yaitu Dr. (HC) Hj. Hidayati Nurokhmah, S.Psi. Hadir juga dalam kegiatan ini Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, ST., MT., selaku Rektor Untirta, Para Wakil Rektor Untirta, Hj. Omah Rahmawati, S.Pd. selaku Ketua DWP Untirta, Hj. Esti Rahayu, S.H. selaku Ketua Panitia Pelaksana, Hj. Ratri Hanindha selaku Moderator, dan seluruh anggota DWP Untirta.

Kegiatan diawali oleh Sambutan Ketua Panitia Pelaksana, yang menyampaikan bahwa motto yang melandasi kegiatan Hari Kartini ini adalah “WISH” yaitu Wanita Indonesia dengan Segala Harapan. Ia juga menambahkan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pimpinan Universitas yang sudah mendukung secara penuh seluruh rangkaian peringatan Hari Kartini dari hari hari pertama sampai hari kedua yaitu tepat hari ini dilaksanakannya Seminar Parenting.

“Alhamdulillah saya ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya atas support penuh yang diberikan oleh pimpinan Universitas sebagai kolega dari Dharma Wanita Persatuan, semoga dengan dilaksanakannya peringatan Hari Kartini selama dua hari berturut-turut kita semua dapat mengimplementasikan motto WISH yaitu Wanita Indonesia dengan Segala Harapan,” ujarnya.

Sambutan selajutnya disampaikan oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Untirta, yang menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan Seminar Parenting hari ini. Ia juga menyampaikan bahwa tema seminar parenting kali ini sangat baik dan efektif untuk membangun hubungan baik dalam sebuah keluarga.

“Komunikasi dalam keluarga adalah elemen dalam kehidupan keluarga, karena dengan komunikasi ini setiap anggota keluarga dapat berhubungan, membangun komunikasi, dan memahami satu sama lain. Dengan komunikasi tersebut akan membangun kehidupan yang lebih kuat, bekerja menjadi lebih sukses, dan keluarga yang lebih harmonis,” ucapnya.

Sambutan selanjutnya datang dari Rektor Untirta yang memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Dharma Wanita Persatuan Untirta yang sudah bekerja keras dalam merancang seluruh konsep hingga pelaksanaan rangkaian Hari Kartini. Ia juga mengharapkan seminar parenting ini dapat bermanfaat bagi yang hadir hari ini untuk dapat meningkatkan keharmonisan dan membina keluarga masing-masing agar dapat mengimplementasikan nilai Sakinah, Mawaddah, dan Warahmah.

“Membangun komunikasi efektif dalam keluarga adalah tema yang baik untuk pembelajaran bagi kita semua yang hamlira semuanya yang ada disini pasti berkeluarga, semoga apa yang disampaikan oleh Narasumber hebat kita hari ini dapat bermanfaat bagi semua dan dihitung sebagai nilai ibadah untuk mewujudkan keluarga yang harmonis dan baik,” ujarnya.

Kegiatan utama yakni pemaparan mengenai parenting oleh Narasumber yang didampingi oleh Moderator. Dr. Hidayati dalam materinya menyampaikan mengenai pentingnya komunikasi dalam membentuk keluarga yang kokoh dan harmonis.

“Mari kita mulai dengan pembahasan tentang hubungan suami istri yang harmonis. Dalam perjalanan hidup kita, kita seringkali dihadapkan pada tantangan dan konflik. Namun, dengan komunikasi yang efektif, kita dapat memperkuat ikatan emosional kita, membangun kepercayaan yang tak tergoyahkan, dan mengatasi setiap rintangan dengan cara yang konstruktif,” ucapnya.

Dr. Hidayati juga menambahkan bahwa mempelajari perilaku generasi saat ini penting untuk bisa membuat orang tua memahami setiap kebutuhan serta apa yang menjadi keinginan anaknya.

“Tidak kalah pentingnya, mari kita telaah perilaku anak-anak generasi Z yang begitu unik. Mereka tumbuh di tengah kemajuan teknologi yang pesat, dan sebagai orangtua, kita dituntut untuk memahami dampaknya dan mengajarkan mereka bagaimana memanfaatkannya secara positif. Namun, di balik layar digital tersebut, kita juga perlu membina hubungan emosional yang dalam dengan mereka, agar tetap terhubung di dunia yang semakin terhubung ini,” ujarnya.

Terakhir, Dr. Hidayati mengajak para audiens untuk merefleksikan bersama nilai-nilai penting dalam membesarkan anak-anak. Bagaimana menjadi teladan yang baik bagi anak, bagaimana menggabungkan otoritas dengan kehangatan, dan mendidik anak dalam lingkungan yang mendukung perkembangan mereka secara menyeluruh.

“Mari kita menjadi agen perubahan dalam keluarga kita sendiri, menuju masa depan yang lebih cerah dan harmonis. Terima kasih atas partisipasi dan semangat kita semua. Bersama-sama, kita bisa membangun keluarga yang kita impikan,” ucapnya.

Kegiatan diakhiri dengan pembagian hadiah dari perlombaan yang telah dilaksanakan pada Senin, 29 April 2024 mulai dari Lomba Fashion Show, Lomba Stand Up Comedy, Lomba Merangkai Bunga, Lomba Make Up,dan sebagainya. Berakhirlah kegiatan peringatan Hari Kartini 2024 oleh Dharma Wanita Persatuan Untirta. (AB/IHS/AAP)