Sabtu, 29 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Fti Uad Monitoring Mahasiswa Sejak Awal Masuk Kampus

Fti Uad Monitoring Mahasiswa Sejak Awal Masuk Kampus
Program Penganalan Kampus (P2K) Fakultas Teknologi Industri yang diisi oleh Dekan dan Wakil Dekan FTI (Foto: Humas UAD)

Fakultas Teknik Industri (FTI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), telah selesai menjalani kegiatan Program Pengenalan Kampus (P2K) pada Rabu, (15-09-2021). Sejalan dengan visi FTI UAD yaitu menjadi fakultas unggulan yang diakui secara internasional dalam bidang teknologi berbasis nilai-nilai Islam dan menghasilkan lulusan yang berjiwa entrepreneurship, maka fakultas ini mengupayakan dengan berbagai hal. Di antaranya senantiasa menciptakan suasana Islami, menyelenggarakan program akademik dalam bidang teknologi yang berkualitas secara nasional dan internasional, serta meningkatkan kegiatan penelitian bagi dosen dan mahasiswa demi terciptanya iklim penelitian yang baik sehingga menghasilkan publikasi ilmiah berskala nasional dan internasional.

Selain itu, ditekankan juga tentang mekanisme memonitoring perkuliahan mahasiswa sehingga bisa selesai tepat waktu. Seperti yang diungkapkan oleh Sunardi, S.T., M.T., Ph.D., selaku Dekan FTI. “Khusus mahasiswa baru (maba) nanti akan kami pantau selama empat minggu pertama, apakah mahasiswa ini aktif atau sedang ada masalah. Kami juga melakukan evaluasi setiap semester dilihat dari IPK-nya. Intinya, semua dalam pantauan dan didampingi oleh dosen pendamping akademik.”

Monitoring juga harus dilakukan dari sisi orang tua mahasiswa. UAD akan memberikan fasilitas sistem informasi portal, sedangkan untuk fakultas akan memberikan orang tua mahasiswa akun agar dapat mengakses portal tersebut yang dipantau dari akademik. Jika ada kesulitan bisa bertanya melalui portal orang tua yang nantinya akan dipresentasikan oleh staf TU maupun staf TI. Tujuan dari monitoring adalah untuk memberikan informasi yang ada di FTI maupun universitas.

“Mahasiswa juga bisa memonitoring, tidak perlu menunggu lagi dari prodi, fakultas, maupun dosen wali. Misalnya terkait ujian, pembayaran, perwalian, seminar, maupun praktikum,” imbuh Sri Winiarti, S.T., M.Cs. selaku Wakil Dekan FTI UAD. (Amb)