Minggu, 16 Juni 2024
Perguruan Tinggi

LPMPP- Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Tim Dosen MKU Agama Islam Untirta Berbasis  Pemberdayaan Majlis Ta’lim   

LPMPP- Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Tim Dosen MKU Agama Islam Untirta Berbasis  Pemberdayaan Majlis Ta’lim   

Serang– Pengabdian Masyarakat Dosen MKU Agama Islam Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dengan tema “Penguatan Karakter Keislaman dan Wawasan Kebangsaan serta Pemberdayaan Masyarakat melalui Pelatihan Keterampilan Ekonomi Kreatif”.  Acara ini berlangsung di Masjid Baiturrahim pada hari Sabtu, 18-19 Mei 2024, dan dihadiri oleh sejumlah masyarakat setempat di antaranya adalah Wakil Ketua DPRD Kota Serang Bapak H. Roni Alvanto,  Lurah Sumur Pecung Bapak Hayumi SE, Ketua RW Bapak H. Zaenul Arifin, para Ketua RT dan jajaranya, Ketua DKM  Bapak Ujang Ridwan, Ketua Imaro DKM Ustadz  Nawasi Sabid, Lc serta Ketua  majlis ta’lim DKM Masjid Baiturrahim Ibu Hj. Sofiyah Zaenul, para pengurus  dan seluruh jamaah majelis yang antusias mengikuti berbagai kegiatan yang telah disiapkan. Dan tentunya dihadiri pula oleh seluruh Dosen MKU Agama Islam di bawah naungan LPMPP Untirta.

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai keislaman dan kebangsaan pada seluruh jamaah, sekaligus memberikan keterampilan ekonomi kreatif yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan yang dipandu oleh Ibu Nurul Fadhilah, S. Pd., M. Pd ini diawali dengan sambutan-sambutan. Sambutan diawali oleh  Wakil Ketua DPRD Kota Serang Bapak H. Roni Alvanto yang menyatakan rasa terimakasihnya kepada Tim Dosen Agama Islam Untirta dan  menyambut baik kegiatan PKM  ini, dan berharap kedepannya masjid tidak hanya menjadi tempat beribadah saja tapi bisa membawa kemaslahatan umat yang lebih baik lagi.

Selanjutnya sambutan dari Lurah Sumur Pecung, Bapak Hayumi, SE. Dalam sambutannya Beliau   berharap kegiatan PKM Dosen Untirta ini  dapat berkelanjutan dan berharap juga kegiatan tersebut dapat dilakukan di setiap RW di Kelurahan Sumur Pecung.

Sedangkan Ketua DKM Masjid Baiturrahim Bapak Ujang Ridwan, dalam sambutannya berisi ucapan terima kasih kepada seluruh Dosen MKU Agama Islam yang telah memilih masjid Baiturrahim sebagai tempat Pengabdian Masyarakat. Beliau berharap ini sebagai langkah awal untuk terjalinnya kerjasama yang berkelanjutan antara Perguruan Tinggi dengan DKM dan Majelis Ta’lim Baiturrahim dalam rangka pemberdayaan masyarakat.

Terakhir  sambutan dari Kepala Pusat Pengembangan Evaluasi dan Pengembangan MKU LPMPP Untirta yaitu Nanah Sujanah S.Ag., M.SI  sekaligus membuka acara PKM dengan resmi. Beliau mengungkapkan ucapan terimakasih kepada masyarakat Bungur Indah khususnya DKM dan Majelis Ta’lim Masjid Baiturrahim yang telah menerima dan mengijinkan dilaksnakannya PKM. Beliau menjelaskan bahwa kegiatan PKM ini merupakan pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi. Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah tiga kewajiban yang terdapat dalam perguruan tinggi. Tiga kewajiban tersebut terdiri dari 3 poin, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Dengan poin-poin penting yang telah disebutkan, maka yang bertanggung jawab terhadap Tri Dharma Perguruan Tinggi bukan hanya mahasiswa, melainkan seluruh sivitas akademika di kampus termasuk para Dosen. Beliau juga mengucapkan terimakasih asih atas kehadiran dan antusiasnya para jamaah dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat Dosen MKU Agama Islam Untirta, semoga ini dapat menjadi langkah awal, bahwa masjid dapat menjadi pusat pemberdayaan umat tidak hanya dalam aspek rohani, tetapi kehidupan yang menyeluruh, ujarnya.

Acara selanjutnya kegiatan inti PKM diisi para narasumber oleh Para Dosen, Drs. Suaidi. M.Pd.I. dan  Wardatul Ilmiah, M.Pd.I. Materi yang diberikan sebagai penguatan karakter keislaman adalah Istiqomah dalam Beribadah dan Amalan Harian ala Nabi Muhammad SAW.

Materi dilanjutkan dengan Pelatihan keterampilan ekonomi kreatif  oleh Dr. Siti Muhibah, S. Ag., M. Pd. dan Hj. Ima Maisaroh, S. Ag., M. SI, berupa pembuatan minuman jahe, yang  dimulai dengan mengenalkan bahan-bahan yang dibutuhkan, langkah memasak hingga menjadi bubuk jahe yang berkualitas, lalu cara pengemasan yang baik  dan cara pemasaran. Diharapkan dengan pelatihan tersebut dapat memberikan inspirasi menarik untuk masyarakat sekitar yang ingin berwirausaha.

Tim Dosen MKU Agama Islam telah memberikan materi yang komprehensif dan aplikatif, mulai dari teori hingga praktek. Selain itu, sesi diskusi dan tanya jawab turut menjadi bagian dari acara, memungkinkan peserta untuk berinteraksi langsung dan mendapatkan penjelasan lebih mendalam

Peserta mengungkapkan rasa puas dan berterima kasih atas ilmu dan keterampilan yang mereka peroleh, yang diwakili oleh ibu ketua Majlis Ta’lim, Ibu Hj. Sofiyah Zaenul.  Mereka berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan secara berkala untuk memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam upaya pemberdayaan majlis ta’lim yang ada di Serang Banten sehingga kegiatan masjlis ta’lim dapat berdampak bagi masyarakat tidak hanya sebagai penguat nilai-nilai keislaman, tetapi juga  sebagai penguat perekonomian di masayarakat. Aamiin. (NF/NS)