Sabtu, 29 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Tim Krakatoa EV Untirta Siap Bersaing di Ajang Shell EcoMarathon 2024

Tim Krakatoa EV Untirta Siap Bersaing di Ajang Shell EcoMarathon 2024

Senin, 24 Juni 2024, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menyelenggarakn kegiatan Grand Launching Tim Krakatoa Efficient Vehicle di pelataran gedung rektorat Kampus Untirta Sindang Sari. Acara ini menjadi momen penting bagi tim yang bersiap untuk berkompetisi dalam ajang prestisius Shell EcoMarathon Asia Pacific and Middle East 2024 di Sirkuit Mandalika, Lombok, pada 2-6 Juli 2024 mendatang dengan dosen pembimbing Dr. Mekro Permana Pinem, S.T., M.T.
Dalam acara yang dihadiri oleh Rektor Untirta, Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, ST., MT, serta sejumlah pimpinan dan perwakilan universitas, seperti Dr. Agus Sjafari, M.Si. sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, serta Ir. Dhimas Satria ST, M.Eng., Ketua Jurusan Teknik Mesin dan menyampaikan dukungan penuh terhadap perjalanan kompetitif tim. Tim Krakatoa EV Untirta telah melakukan inovasi signifikan pada mobil mereka dengan fokus utama pada pengurangan bobot dan penggantian spare part yang optimal.
“Kami sangat berharap dapat meningkatkan pencapaian tahun lalu. Tim Krakatoa EV mendapat peringkat ke-13 dari 60 peserta pada kompetisi sebelumnya, dan kami yakin dengan perubahan strategi dan inovasi yang kami bawa tahun ini,” ujar Dr. Agus Sjafari dalam sambutannya.
Rektor Untirta juga menyampaikan apresiasi yang mendalam terhadap dedikasi tim dan berharap agar semangat juara selalu mengiringi mereka. “Kami berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh agar tim kami dapat tampil maksimal di Mandalika. Jika berhasil meraih posisi 3 besar, kami siap memberikan insentif berupa bebas UKT selama satu semester bagi mahasiswa yang tergabung dalam tim ini,” tuturnya dengan penuh semangat.
Ketua Tim Krakatoa EV, M. Kevin Julian, menambahkan bahwa persiapan mereka telah matang, dengan mobil yang telah melalui proses pengembangan selama 4 bulan. “Kami telah melakukan beberapa inovasi signifikan pada desain mobil kami untuk memastikan kinerja yang optimal di lintasan,” ujarnya.
Acara dilanjutkan dengan sesi Car Reveal dan Test Drive, di mana para tamu undangan dan media dapat melihat langsung hasil dari inovasi yang telah dilakukan oleh Tim Krakatoa EV Untirta. Semua pihak berharap agar kehadiran mereka di ajang Shell EcoMarathon nanti dapat menginspirasi dan membanggakan universitas serta negeri.
Dengan semangat kompetisi yang tinggi dan dukungan penuh dari universitas, Tim Krakatoa EV Untirta optimis dapat meraih prestasi gemilang di kompetisi internasional yang bergengsi tersebut.(RMU/AAP)