Minggu, 19 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

REVIEW KOS SMKN 1 Tasikmalaya, Tingkat Nasional

REVIEW KOS SMKN 1 Tasikmalaya, Tingkat Nasional

REVIEW KOS SMKN 1 Tasikmalaya di Level Nasional
Denpasar, 3 Desember 2021

SMK Negeri 1 Tasikmalaya dalam mengembangkan kurikulum berupaya menggunakan pendekatan desentralistik sesuai dengan fleksibilitas yang diatur oleh Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 165/M/2021 tentang Program SMK Pusat Keunggulan dan Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Nomor 029/H/KU/2021 tentang Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran pada Program SMK Pusat Keunggulan. Pengembangan kurikulum yang dilakukan di SMK Negeri 1 Tasikmalaya memperhatikan kebutuhan dan situasi sosial-budaya lokal di daerah Tasikmalaya, sesuai dengan kondisi lingkungan, sumber daya pendidikan, kebutuhan dunia kerja dan dunia industri, serta peserta didik.

SMK Negeri 1 Tasikmalaya bersama-sama dengan Komite Sekolah, Dunia Kerja serta Industri yang ada menganggap pentingnya melakukan revisi untuk pengembangan Kurikulum Operasional Sekolah (KOS) yang berpedoman pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan kebutuhan IDUKA.

KOS SMK Negeri 1 Tasikmalaya disajikan dan direview di acara penyusunan Kurikulum Operasional Sekolah (KOS) secara nasional di Hotel Aston & Convention Centre Denpasar Bali 2 – 4 Desember 2021. Kegiatan ini dihadiri oleh para pejabat Direktorat SMK Bidang Peniliaian, dari SMK Negeri 1 Tasikmalaya langsung hadir Bapak Kepala Sekolah DR. H. Wawan, S.Pd., MM didampingi Koordinator Bidang Penilaian Kurikulum SMK Negeri 1 Tasikmalaya Heri Darliana, SST. Sementara Wakasek Kurikulum Yusnawan Lubis, M.Pd. dipercaya menjadi salah satu fasilitator review KOS direktorat.

Satu kebanggan dan kebahagiaan KOS SMK Negeri 1 Tasikmalaya masih berada di posisi ke 1 KOS yang paling banyak didownload.

KOS ini diharapkan dapat menjadi panduan pelaksanaan Proses Belajar-Mengajar baik di sekolah maupun di dunia kerja dan dunia industri bagi peserta didik SMK Negeri 1 Tasikmalaya.