Selasa, 18 Juni 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Penilaian Sumatif Akhir Tahun (PSAT) Tahun Ajaran 2023/2024 SMK Negeri 11 Semarang

Penilaian Sumatif Akhir Tahun (PSAT) Tahun Ajaran 2023/2024 SMK Negeri 11 Semarang

Siswa-siswi SMK Negeri 11 Semarang mengikuti Penilaian Sumatif Akhir Tahun yang sering disebut dengan PSAT. Yang dilaksanakan mulai tanggal 29 Mei 2024 sampai dengan 03 Juni 2024, seluruh siswa kelas X dan kelas XI pukul 07.30 sudah siap diruang kelas masing-masing sesuai denah lokasi yang telah diatur oleh panitia PSAT. Didampingi dua orang guru pengawas seluruh siswa tampak serius mengerjakan soal yang telah dibagikan oleh guru. Menariknya tes kenaikan kelas di akhir semester ini, soal sumatif semua mata pelajaran dalam bentuk essay dengan tipe soal HOTS (  Higher Order Thinking Skill ) yang harus mereka kerjakan.

Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) tipe soal ini memang telah disepakati oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan disetujui oleh Kepala Sekolah sebagai acuan penilaiann guru terhadap kemampuan berfikir siswa. Menggali kemampuan  siswa untuk menganalisa adalah hal yang penting, maka dengan tipe soal HOTS diharapkan dapat membuat siswa terbiasa dengan soal-soal yang membutuhkan kemampuan analisis tinggi. Harapannya dengan tes sumatif dalam bentuk soal HOTS penilaian siswa tidak terbatas pada hafalan saja namun lebih kepada penalaran, sehingga siswa mampu berfikir kritis dan kreatif pada konsep ilmu tertentu.

Dalam jadwal yang sudah diedarkan, PSAT terjadwal 4 hari pelaksanaan, segala persiapan hingga pelaksanaan puji syukur tanpa ada kendala. Kesiapan panitia penyelenggara berjalan selaras dengan kesiapan peserta didik untuk mengikuti Penilaian Sumatif Akhir Tahun (PSAT). Semoga Penilaian Sumatif Akhir Tahun (PSAT) Tahun Ajaran 2023/2024 memberikan hasil yang diharapkan, khususnya nilai rapot peseta didik dengan nilai yang baik. Hasil belajar siswa akan dibagikan kepada orang tua/wali murid pada tanggal 21 Juni  2024.