Rabu, 26 Juni 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila SMK Negeri 11 Semarang

Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila SMK Negeri 11 Semarang

Hari Lahir Pancasila pada tahun ini jatuh pada hari Sabtu, 1 Juni 2024. Dalam pelaksanaannya, Seluruh warga sekolah SMK Negeri 11 Semarang melaksanakan kegiatan upacara bendera bertempat di lapangan Krida Khsetra. Adapun yang bertugas sebagai pemimpin upacara yakni Obrian Deanova Waas siswa kelas IX dan yang bertugas sebagai pembina upacara adalah Kepala Sekolah SMK Negeri 11 Semarang, Drs. Luluk Wibowo, S.ST., M.T. Pada upacara kali ini seluruh guru dan karyawan mengenakan busana daerah nasional, sedangkan para siswa mengenakan seragam OSIS lengkap.  Petugas upacara yang meliputi petugas PASKIBRAKA, petugas pembaca UUD 1945, pembaca doa, pembaca susunan upacara, dan petugas lainnya, terlihat siap dan terlatih,  sehingga upacara dapat terlaksana secara lancar dan hikmat dari awal hingga akhir. Diiringi lagu Indonesia raya oleh tim paduan suara, sang Merah Putihpun tampak berkibar di bawah langit biru SMK Negeri 11 Semarang.

1 Juni merupakan salah satu hari penting dalam kalender bangsa Indonesia, hal ini mengacu pada Keppres Nomor 24 Tahun 2016. Menilik pada sejarah pemilihan tanggal 1 Juni dijadikan sebagai Hari Lahir Pancasila merujuk pada momen sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan/BPUPKI) dalam upaya merumuskan dasar negara Republik Indonesia. Dari sejarah yang tertulis jelas bahwa penetapan Pancasila sebagai idiologi Bangsa Indonesia bukanlah hal yang mudah. Dengan rasa cinta tanah air seluruh rakyat Indonesia berbangga memiliki dasar negara Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Upacara yang dimulai tepat pukul 07.00 WIB, Pembina upacara dalam pidatonya mengucapkan selamat atas keberhasilan program sekolah salah satunya yakni sebagai SMK PK (Pusat Keunggulan). SMK negeri 11 Semarang dipercaya mendapat program PK Regular sekaligus program PK Pemadanan. Ucapan selamat turut diberikan kepada bapak dan ibu guru sebagai Guru Penggerak (GP) berjumlah 11 guru, terdiri dari 3 guru terdahulu yang telah lulus, dan 5 guru yang baru saja lulus, dan 3 guru yang akan menempuh pendidikan sebagai guru penggerak. Dengan adanya guru penggerak sebagai guru-guru terbaik harapannya memperbaiki sistem pendidikan di negara ini khususnya di SMK Negeri 11 Semarang. Keberadaan para guru tersebut diharapkan menjadi pemimpin pendidikan masa depan yang mampu membawa kelahiran generasi Indonesia yang unggul.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) telah merilis teks pidato upacara Hari Lahir Pancasila 2024. Hal ini merujuk pada Surat Edaran Kepala BPIP No 2 Tahun 2024, turut pula dibaca oleh pembina upacara dan didengarkan oleh seluruh peserta upacara secara seksama. Mengutip dari teks pidato pada peringat Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat. Perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan, mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.