Rabu, 26 Juni 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Unjuk Kreativitas Murid dalam Grafika Festival

Unjuk Kreativitas Murid dalam Grafika Festival

Peringatan hari ulang tahun SMK Negeri 11 Semarang yang lebih dikenal sebagai SMK Grafika dimeriahkan dengan kegiatan unjuk kreativitas murid. Peringatan ulang tahun yang dilaksanakan pada tanggal 27 Mei 2024 dengan panitia dari Pengurus OSIS Prayatna Maitri mengusung tema Abimantrana yang memiliki arti keberkahan. Beberapa bulan yang lalu, OSIS Prayatna Maitri sama sekali tidak memiliki biaya untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Pengurus OSIS angkatan 33 dan 34 bekerjasama mencari sumber dana untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Mereka melakukan dana usaha mandiri dengan berwirausaha menjual makanan, mencari sponsor akhirnya terkumpulah biaya untuk membiayai kegiatan peringatan ulang tahun SMK N 11 Semarang.

Untuk mengisi acara, pengurus OSIS Prayatna Maitri melibatkan seluruh kelas untuk unjuk kreativitas. Setiap dua kelas berkolaborasi untuk menampilkan aksinya di atas panggung ataupun di depan panggung.

Mereka boleh menampilkan tarian, band, drama ataupun karya seni lainnya yang bisa disuguhkan kepada penonton. Intinya dari mereka untuk mereka.  Kegiatan juga melibatkan ekstrakurikuler band SMK N 11 Semarang dan ekstra tari Widya Nritya maupun komunitas modern dance.

Acara juga diisi dengan fashion show berupa pakaian adat yang ada di nusantara, untuk mengenalkan kebhinekaan adat yang ada di bumi nusantara. Mereka dilatih untuk menyiapkan dirinya agar mampu menampilkan kreativitas terbaiknya. Antusias kelas sangat baik, meskipun kegiatan ini tidak untuk ajang perlombaan. Kegiatan ini semata-mata untuk mengisi acara ulang tahun dengan kemeriahan.

Dalam  acara fashion show, setiap kelas mendapatkan undian untuk menampilkan pakaian adat yang ada di nusantara. Mereka jauh-jauh hari mempersiapkan diri siapa yang akan tampil, bagaimana pakaian adat berdasarkan undiannya dan bagaimana meriasnya. Setiap kelas mempersiapkan diri dari sisi pendanaan, bagaimana mereka belajar merias dan berpakaian sesuai adat nusantara. Dari acara fashion  show ini, para penonton diperlihatkan betapa beragamnya adat pakaian nusantara.

Di akhir acara, Ultras yang merupakan salah satu komunitas yang biasa menjadi suporter dari kegiatan olahraga juga ikut memeriahkan acara. Mereka tampil di lapangan Krida Khesetra dan melibatkan seluruh murid. Setelah isitirahat, murid-murid berganti pakaian dengan kaos berwarna hitam. Untuk memeriahkan acara ini, OSIS Prayatna Maitri juga menyewa mobil pemadam kebakaran untuk menyemprot peserta dengan air.

Kegiatan ini benar-benar melibatkan suara murid, bukan kehendak dari guru. Usulan-usulan dari kelas benar-benar ditampung oleh pengurus OSIS dan direalisasikan dalam acara ulang tahun SMK N 11 Semarang. Sebuah kebanggan dari OSIS Prayatna Maitri mampu menyelenggarakan secara meriah, namun tetap seimbang dengan menerapkan amisa dana berupa bakti sosial dan abhaya dana yaitu pelepasan burung ke habitatnya. “Dari sekbid 4 ingin menyampaikan yang kami rasakan senang karena hari jadi SMKN 11 berjalan dengan lancar dan siswa-siswa terlihat senang pada dies natalis kali ini. Kami merasa terharu karena banyak siswa-siswi SMKN 11 yang ikut serta dalam bakti sosial. Dari acara dies natalies ini juga kami jadi lebih belajar tentang apa itu kerja sama, pentingnya komunikasi, menghilangkan ego masing-masing dan saling membantu antar sesama. Yang akan kami lakukan selanjutnya yaitu belajar dari kesalahan yang ada pada dies natalis kali ini agar dies natalis atau graval selanjutnya dapat berjalan lebih baik dari tahun ini”, ungkap salah satu perwakilan murid dari Sekbid 4.