Rabu, 26 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Rilis Pengumuman SNBT 2024 sebanyak 231.104 Peserta Lolos, Untirta menjadi penerima pendaftar terbanyak ke-9 secara nasional & menjadi PTN ke-13 dengan penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah terbanyak secara nasional

Rilis Pengumuman SNBT 2024 sebanyak 231.104 Peserta Lolos, Untirta menjadi penerima pendaftar terbanyak ke-9 secara nasional & menjadi PTN ke-13 dengan penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah terbanyak secara nasional

Serang- Pengumuman Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2024 secara resmi dirilis, mengumumkan bahwa sebanyak 231.104 peserta dari total 785.058 pendaftar berhasil lolos UTBK-SNBT2024. Hasil seleksi ini diumumkan melalui Konferensi Pers yang diselenggarakan melalui kanal YouTube SNPMB BPPP dan Instagram Pada Kamis (13/6) pukul 8.00 WIB.
Dirjen DIKTIRISTEK, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, M.Sc., menyatakan peningkatan jumlah peserta dalam seleksi ini, dengan hampir 93% peserta memilih program sarjana di perguruan tinggi akademi sebagai pilihan pertama. Hal ini menunjukkan animo dan minat yang besar dari masyarakat untuk melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi.
Meskipun hanya sebagian kecil dari total pendaftar yang diterima, Dirjen Abdul Haris menegaskan bahwa proses seleksi UTBK-SNBT dilakukan secara objektif dan hati-hati, mempertimbangkan kemampuan akademik untuk memastikan bahwa yang diterima adalah calon mahasiswa yang memiliki kapasitas dan siap mengikuti perkuliahan.
“sehingga dri 785.058 rb dari seluruh pendaftar UTBK-SNBT tidak bisa semuanya di terima . akan tetapi saya yakin adik adik sekalian tidak perlu mengundurkan usaha apalagi merasa putus asa karena proses seleksi UTBK-SNBT ini telah di lakukan secara objektif dan juga penuh ke hati-hatian serta memperhitungkan kemampuan akademik untuk memastikan agar mereka yang di terima adalah adik- adik yang memiliki kapasitas dan juga paling layak dan siap mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi negeri baik universitas, institusi maupun politeknik. Kami berharap untuk terus semangat karena peluang dan kesempatan berikutnya masih juga terbuka.” Tutur nya
Salah satu perguruan tinggi yang menjadi sorotan adalah Untirta, yang menjadi perguruan tinggi negeri penerima pendaftar terbanyak ke-9 secara nasional. Untirta berhasil menerima sebanyak 4.610 peserta SNBT dan juga menjadi perguruan tinggi negeri ke-13 dengan penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah terbanyak secara nasional pada tahun 2024.
Peserta yang ingin mengetahui hasil UTBK SNBT 2024 dapat mengakses laman Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) di pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, serta 40 link mirror yang akan disediakan oleh panitia SNPMB. Dirjen Abdul Haris juga mengajak peserta untuk tetap semangat, karena peluang dan kesempatan berikutnya tetap terbuka bagi mereka yang belum berhasil pada seleksi kali ini.(RMU/AAP)