Selasa, 18 Juni 2024
Perguruan Tinggi

UPB UIN SUTHA JAMBI MENGIKUTI BIMTEK PENYUSUNAN BAHAN AJAR BIPA

UPB UIN SUTHA JAMBI MENGIKUTI BIMTEK PENYUSUNAN BAHAN AJAR BIPA

Tim Unit Pengembangan Bahasa (UPB) UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi ikut dalam Bimbingan Teknis Penyusunan Bahan Ajar BIPA yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Provinsi Jambi di Hotel Aston, Jambi 11 – 13 Juni 2024. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Tim Administasi Ilsa Dewita Putri Soraya, yang mewakili Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi. Dalam sambutannya, Ilsa Dewita mengatakan bahwa bimtek ini menjadi salah satu fasilitas yang diberikan Kantor Bahasa Provinsi Jambi kepada pembelajar, pemelajar, dan pegiat BIPA. Untuk menghasilkan bahan ajar yang berkualitas, Kantor Bahasa Provinsi Jambi mengundang pakar BIPA sebagai narasumber, yakni Syukron Ramadloni dari Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa dan Erni C. Westi dari Lembaga Bahasa Internasional FIB Universitas Indonesia. Melalui kedua narasumber ini, para perserta akan mendapatkan bimbingan dalam menyusun bahan ajar dengan konteks budaya lokal. Selama tiga hari berkegiatan, peserta melakukan berbagai aktivitas, seperti menyusun bahan ajar, mengikuti uji UKBI, melakukan diskusi kelompok, dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
Pada hari kedua, peserta menerima materi Pengembangan Ejaan, Tanda Baca, dan Kosakata dalam Bahan Ajar BIPA. Materi ini disampaikan oleh Erni C. Westi dari Lembaga Bahasa Internasional FIB Universitas Indonesia. Selain medapat materi, peserta juga melakukan diskusi kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Hari kedua ini juga menjadi kesempatan bagi pemelajar BIPA dari Thailand, Pakistan, dan Gambia mengemukakan gagasannya dalam Bahasa Indonesia.
Pada hari ketiga, peserta menyusun silabus dan bahan ajar bermuatan budaya lokal yang dipandu oleh Syukron Ramadloni dari Pusat Penguatan dan pemberdayaan Bahasa. Selanjutnya, peserta memresentasikan silabus dan bahan ajar yang mereka susun.
Acara ditutup dengan sambutan Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi, Dr. Adi Budiwiyanto, M.Hum. Dalam sambutannya, Pak Adi berharap agar kegiatan Bimtek ini akan berkelanjutan yang diadakan setahun sekali untuk mengembangkan ilmu BIPA dan mempromosikan Bahasa Indonesia ke penutur asing di Jambi agar semakin dikenal.
(PAL)