Sabtu, 22 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Rapat Koordinasi Penerimaan Mahasiswa Baru, Rektor Imbau Kaprodi Harus Jemput Bola

Rapat Koordinasi Penerimaan Mahasiswa Baru, Rektor Imbau Kaprodi Harus Jemput Bola

Rektor Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi memimpin rapat koordinasi pembahasan penerimaan mahasiswa baru tahun 2024, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Senat Gedung Rektorat, Jum’at (14/06).

Prof. Dr. As’ad, M.Pd, Rektor UIN STS Jambi mengatakan bahwa rapat ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memperkuat sinergitas pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru tahun 2024 yang saat ini sedang berlangsung.
“Dalam meningkatkan minat mahasiswa Kaprodi sebagai ujung tombak harus jemput bola dan pro aktif mengasosiasikan UIN STS Jambi baik dari media sosial dan berbagai upaya lainnya,” ucapnya.

UIN STS Jambi menyusun langkah-langkah dengan menyerap berbagai ide-ide, gagasan dan pendekatan yang dilakukan guna meningkatkan jumlah mahasiswa UIN STS Jambi Tahun 2024.

Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Saparudin, S.Pd.,M.Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa saat ini jumlah mahasiswa yang mendaftar ke UIN STS Jambi sebanyak 3.131 orang mulai dari Jalur seleksi nasional berbasis prestasi (SNBP), jalur ujian tes berbasis komputer (UTBK), jalur seleksi prestasi akademik nasional SPAN-PTKIN, dan Jalur undangan dan prestasi.

Saat ini UIN STS Jambi juga masih membuka pendaftaran Jalur UM-PTKIN hingga tanggal 15 Juni 2024, Jalur Mandiri yang dibuka hingga 1 Juli 2024, Jalur Tahfiz hingga 28 Juni 2024, dan Jalur Difabel yang dibuka hingga tanggal 20 Juli 2024.

UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi memberikan peluang kepada calon mahasiswa untuk mendaftarkan diri dengan menawarkan 40 program studi. Mulai dari Fakultas Syariah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Dakwa dan Fakultas Sains dan Teknologi.

UIN STS Jambi saat ini juga sudah memiliki program studi Arsitektur, Sains Informasi Geografi, Statistika, Sistem Informasi dan berbagai program studi lainnya. Selain itu banyak program studi yang berakreditasi Unggul yaitu program studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah (PGMI), Aqidah dan Filsafat Islam (AFI), program studi Perbandingan Mazhab (PM), Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA).

Turut hadir dalam rapat koordinasi ini Wakil Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan Dr. H. Zikwan, M.Ag.,Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Jamaluddin, M.Pd, Dekan, Wakil Direktur Pascasarjana, Wakil Dekan, Ketua LPMP, Koordinator pusat penerbitan dan publikasi,staf khusus, seluruh Kaprodi dan Kabag Akademik. (*)