Rabu, 26 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Rektor UIN Jambi Shalat Idul Adha dan mengajak Kepedulian untuk Berkurban

Rektor UIN Jambi Shalat Idul Adha dan mengajak Kepedulian untuk Berkurban

Rektor beserta civitas akademika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi langsungkan sholat hari raya Idul Adha berjamaah di Masjid Al-Jamiah Kampus 1 Telanaipura, Kota Jambi (17/06/2024).

Sholat hari raya idul adha ini dilaksanakan dengan melibatkan para jajaran pimpinan sebagai petugas syara, yakni; Dr. Pahmi, M.Si bertugas sebagai Bilal dan Dr. Zikwan, M.Ag sebagai Imam.

Pelaksanaan ibadah sholat idul adha ini juga turut mengundang para Dekan, Wakil Dekan dan para pejabat dilingkungan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi untuk hadir dan mengikuti sholat ied berjamaah.

Pada hari raya idul adha tahun 1445 H ini, Khatib mengusung tema khutbah “Memetik Hikmah dari Ibadah Kurban” yang disampaikan oleh Deni Kurnia, S.H alumni Fakultas Syariah UIN STS Jambi 2023 yang saat ini dalam persiapan melanjutkan pendidikan ke Tunisia.

Poin penting dalam khutbahnya khatib berpesan kepada para jamaah sholat ied khususnya para sivitas akademika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi agar dapat berbagi keberkahan di hari raya idul adha ini melalui ibadah kurban.

Dalam khotbahnya, Ustad Deni Kurnia menyampaikan, Sejarah Idul Kurban keteguhan  Nabi Ibrahim, keihlasan Nabi Ismail, serta kesabaran Hajar, senantiasa dapat kita teladani dengan tulus dalam setiap langkah kita menapaki kehidupan ini, serta Hari Raya Islam ini merupakan ajang bersabar dan saling membantu sesama.

“Ibadah kurban mengajarkan kepada kita untuk terus taat serta bersabar dalam melaksanakan perintah Allah SWT. Termasuk dalam membantu saudara-saudara kita yang kurang mampu dalam kehidupan sehari-hari terutama makan yang mewah seperti daging dan lain-lain,” kata Deni.

Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Prof. As’ad, M.Pd mengungkapkan Berkurban mengajarkan manusia untuk bersikap ikhlas serta peduli terhadap sesama manusia.

“Taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal ya karim. Kita bersyukur bisa sholat Idul Adha 1445 H berjamaah tahun 2024 ini, juga disertai dengan penyembelihan hewan kurban, yang akan kita laksanakan esok hari Alhamdulillah, ada 19 ekor sapi dan 1 Kambing yang disembelih tahun ini” Ucap Rektor UIN STS Jambi.

Ditengah era disrupsi saat ini, nilai-nilai esensial kurban bisa menjadi ruh dan semangat baru.

Rektor berharap, momentum Idul Adha tidak sekedar mempertahankan ritual penyembelihan tetapi juga mencoba untuk menstimulasi spirit religius untuk menjadi masyarakat yang pandai, tutup Rektor.