Sabtu, 29 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Lembaga Penjamin Mutu Gelar Workshop SOP UIN STS Jambi

Lembaga Penjamin Mutu Gelar Workshop SOP UIN STS Jambi

Lembaga Penjamin Mutu (LPM) UIN Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi menggelar Workshop Standar Operasional Prosedur (SOP) pada Rabu (26/6). Acara ini berlangsung di Amphitheater lantai IV Gedung GMPU UIN STS Jambi. Para Wakil Dekan II, Kepala Bagian, Sub-Koordinator, dan pengurus Gugus Jaminan Mutu Fakultasjuga terlihat menghadiri kegiatan ini.

Wakil Rektor II, Dr. H. Zikwan, M.Ag, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya SOP dalam setiap aktivitas. Menurutnya, semua yang pekerjaan harus memiliki standar yang jelas. “SOP ini penting, memang seharusnya semua yang kita lakukan itu ada standarnya. Workshop ini sangat bagus karena dapat meningkatkan standar operasional,” ujarnya.

Dia juga menambahkan bahwa banyak hal yang harus dilakukan untuk mencapai kampus yang unggul. Salah satunya adalah menjalankan semua aktivitas sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. “Adanya kepastian dalam suatu layanan, baik secara waktu maupun output yang didapatkan, sangat penting,” kata Dr. Zikwan.

Kegiatan workshop ini diharapkan dapat memberikan pandangan dan masukan dari masing-masing pihak yang hadir. “Tentu ada beberapa hal yang perlu dijadikan masukan untuk memperbaiki SOP yang ada demi kelancaran dan kemudahan layanan di UIN STS Jambi,” tambah Dr. Zikwan.

Ketua LPM, Dr. Tanti, M.Si, dalam sambutannya menegaskan bahwa harus ada persamaan persepsi dalam pembuatan SOP. “Pembuatan SOP harus memiliki kesamaan persepsi dan harus sesuai kebutuhan, jika tidak maka kita akan tertinggal” ungkapnya.

Dr. Tanti menambahkan bahwa standar operasional yang baik akan memberikan kepastian dalam layanan kepada stakeholder. “Penyusunan SOP harus kita samakan dan update, sehingga pelayanan yang kita berikan dapat optimal,”lanjutnya.

Para peserta workshop tampak antusias dalam mengikuti setiap sesi. Diskusi yang berlangsung juga sangat interaktif, dengan banyak masukan dan saran dari berbagai pihak. Hal ini menunjukkan bahwa semua peserta memiliki komitmen yang kuat untuk meningkatkan kualitas layanan di UIN STS Jambi.

Workshop ini semoga dapat menjadi langkah awal yang baik dalam upaya meningkatkan mutu layanan di UIN STS Jambi. Dengan adanya SOP yang jelas dan terstandarisasi, seluruh proses operasional dapat berjalan lebih efisien dan efektif. “Kami harapkan workshop ini bisa memberikan manfaat besar bagi kemajuan UIN STS Jambi,” ucap Dr. Tanti.