Kamis, 27 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Ingin Berkurban Setiap Tahun, Yuk Ikuti 5 Cara Mudah Menabung

Ingin Berkurban Setiap Tahun, Yuk Ikuti 5 Cara Mudah Menabung

UINSGD.AC.ID (Humas) — Berkurban hukumnya adalah wajib bagi setiap Muslim yang telah memiliki rezeki lebih. Hukum wajib itu luntur jika kesejahteraan mereka belum berkecukupan.

Meski begitu, banyak sekali umat yang berkeinginan untuk menunaikan ibadah yang dilaksanakan pada Hari Raya Iduladha itu, meski tak memiliki uang banyak.

Dilansir dari Baznas dan Rumah Zakat, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan agar bisa menunaikan ibadah kurban, meski masih dalam keadaan kekurangan, berikut 5 cara yang bisa diikuti.

1. Sisihkan uang tiap bulan

Bagi yang telah bekerja dan memiliki penghasilan, cara menabung setiap bulannya menjadi cara yang terbilang ringan.

Anggap saja, harga kambing yang sesuai syariat untuk berkurban adalah seharga Rp2.000.000. Dalam satu tahun di tiap bulannya sisihkan uang dari gaji sekitar Rp170.000. Maka anda sudah bisa menunaikan ibadah kurban.

2. Patungan kurban

Berkurban secara patungan untuk sapi atau unta adalah diperbolehkan oleh para ulama. Ajak teman, tetangga, atau keluarga anda untuk berkurban bersama secara patungan.

Jumlah orang yang ingin berkurban secara patungan diharuskan berjumlah 7 orang untuk 1 ekor sapi dan 10 orang untuk unta.

3. Manfaatkan lembaga sosial

Ada banyak lembaga sosial, atau NGO yang menyediakan layanan untuk membantu masyarakat yang ingin menunaikan ibadah kurban.

Misalnya BAZNAS, menyediakan layanan tabungan kurban, layanan tabung kurban ini juga bekerja sama dengan sejumlah bank, pilihannya lebih mudah, terdapat opsi auto debet, pilihan waktu dan jumlah setorannya.

4. Menabung Emas dan Menanam Saham

Selain menabung dengan uang, cara lain yang efektif adalah dengan menabung melalui membeli emas, atau menanam saham. Emas cenderung memiliki harga yang stabil bahkan sering naik.

Sedangkan menanam saham pun sama demikian, pilihlah perusahaan sekuritas terpercaya, kemudian tanamlah saham di perusahaan yang menerapkan prinsip syariah di pasar modal. Dua hal ini bahkan tak hanya bisa menjadi sarana menabung untuk berkurban, tapi juga investasi untuk masa depan.

5. Buka Rekening Baru

Untuk mempermudah menabung biaya untuk berkurban maka cobalah untuk membuat rekening baru. Jangan menyatukan tabungan dengan uang yang akan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Cara ini terbilang efektif sehingga uang tabungan dan lainnya tidak akan tercampur. Selain itu dengan rekening baru, kamu mudah untuk memonitori jumlah uang yang sudah dikumpulkan.

Kelima cara ini sangat efektif digunakan apalagi jika kamu tidak disiplin dalam menabung. Melalui program ini kamu dapat membantu menabung untuk membeli hewan kurban dan di salurkan dengan tepat.