Rabu, 26 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Penandatanganan Kerja Sama Strategis FKIP Untirta dan FKIP UNBAJA dalam Co-Host Internasional

Penandatanganan Kerja Sama Strategis FKIP Untirta dan FKIP UNBAJA dalam Co-Host Internasional

Serang, 14 Juni 2024 – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Banten Jaya menandatangani kesepakatan penting mengenai kerja sama sebagai co-host dalam acara internasional the 1st International Conference on Character and Sustainable Education (ICoCSE) yang akan diselenggarakan secara hybrid pada tanggal 7 Oktober 2024. Penandatanganan berlangsung di Ruang Rapat Dekanat FKIP Untirta dan dihadiri oleh Dekan FKIP Untirta Dr. H.Fadlullah, S.Ag., M.Si, ,Wakil Dekan Bidang Akademik FKIP Untirta Dr. Hj. Enggar Utari, S.Si, M.Si.,Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama Dr. Abdul Fatah, S.Pd., M.Pd., Dekan FKIP Universitas Banten Jaya Dr. Nely Hartika,S.Pd.,M.Pd beserta jajarannya.
Kerja sama ini bertujuan untuk memperkuat kolaborasi akademik antara dua universitas di Banten, serta meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian melalui partisipasi dalam kegiatan berskala internasional. Acara ini mencakup seminar, workshop, dan konferensi yang melibatkan pakar-pakar pendidikan dari berbagai negara.
Dekan FKIP Untirta Dr. H.Fadlullah, S.Ag., M.Si, menyatakan bahwa kolaborasi ini adalah langkah maju dalam memperluas jaringan akademik internasional dan meningkatkan daya saing kedua universitas di kancah global. “Kerja sama ini tidak hanya memperkuat hubungan antara FKIP Untirta dan FKIP UNBAJA, tetapi juga membuka peluang besar bagi dosen dan mahasiswa untuk mendapatkan wawasan dan pengalaman baru melalui interaksi dengan akademisi dan praktisi pendidikan dari berbagai belahan dunia,” ujarnya.
Sementara itu, Dekan FKIP Universitas Banten Jaya Dr.Nely Hartika,S.Pd.,M.Pd, menyambut baik kerja sama ini dan menegaskan komitmen universitasnya untuk mendukung penuh setiap inisiatif yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. “Kami sangat antusias dengan potensi yang ditawarkan oleh kerja sama ini. Dengan menjadi co-host dalam acara internasional, kita dapat memperkenalkan inovasi-inovasi pendidikan dari Banten ke panggung dunia dan belajar dari praktik terbaik yang diterapkan di negara lain,” kata Dr.Nely Hartika,S.Pd.,M.Pd.
Selain seminar dan konferensi, kerja sama ini juga mencakup program pertukaran dosen dan mahasiswa, kolaborasi penelitian, serta penerbitan jurnal bersama. Program ini diharapkan dapat memberikan manfaat langsung kepada mahasiswa dengan memberikan pengalaman belajar yang lebih luas dan beragam.
Dengan penandatanganan ini, FKIP Untirta dan FKIP UNBAJA menunjukkan komitmen bersama untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui kerja sama internasional yang strategis. Langkah ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi FKIP universitas lain di tanah air untuk lebih aktif dalam menjalin kerja sama global demi kemajuan pendidikan Indonesia.
Penandatanganan kerja sama ini diakhiri dengan foto bersama dan ramah tamah, menandakan awal dari perjalanan panjang dalam kolaborasi yang penuh potensi dan manfaat.(FKIP)