Sabtu, 29 Juni 2024
Sekolah Menengah Pertama

Pembelajaran Qurban : SMPN 1 Curug Menyalurkan 3 ekor Sapi dan 2 ekor kambing

Pembelajaran Qurban : SMPN 1 Curug Menyalurkan 3 ekor Sapi dan 2 ekor kambing

Curug, 18 Juni 2024. SMP Negeri 1 Curug gelar pembelajaran berqurban.

“Tidaklah ada hari yang amal shalih di dalamnya lebih dicintai Allah SWT. Dari hari-hari tersebut  yaitu sepuluh  hari pertama bulan Dzuljhijjah)… (HR. Bukhari) karena di dalam bulan ini berkumpul amalan-amalan utama; shalat, puasa, qurban dan haji.

Kata qurban itu berasal dari bahasa Arab qaraba-yuqaribu-qurbanan-qaribun, yang artinya dekat. Dengan begitu, sahabat karib berarti teman dekat. Makna kurban dalam istilah di sini berarti kita berusaha menyingkirkan hal-hal yang dapat menghalangi upaya mendekatkan diri kita pada Allah SWT. Penghalang mendekatkan itu adalah berhala dalam berbagai bentuknya, seperti ego, nafsu, cinta kekuasaan, cinta harta-benda dan lain-lainnya secara berlebihan.

Dalam perayaan qurban tahun ini, SMP Negeri 1 Curug menyalurkan 3 ekor sapi yang diperoleh dari 2 kelompok guru, dan 1 ekor sapi diperoleh dari sodaqoh siswa dan juga 2 ekor kambing. Daging qurban yang tersedia disalurkan kepada masyarakat sekitar sebanyak 50 kupon dan 420 untuk kantong yang disalurkan. Bapak Abdullah selaku ketua PHBI SMP Negeri 1 Curug berharap pada tahun berikutnya semakin banyak warga sekolah dan juga masyarakat yang menitipkan kurbannya di SMP N 1 Curug. Tema yang diambil tahun ini adalah “Mendidik dan Mengajarkan Siswa untuk senang berbagi merealisasikan ibadah sosial melalui program tahunan shodaqoh Qurban”.