Senin, 01 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa Fakultas Saintek UIN STS Jambi Berhasil Ciptakan Energi Terbarukan dari Sisa Alam

Mahasiswa Fakultas Saintek UIN STS Jambi Berhasil Ciptakan Energi Terbarukan dari Sisa Alam

Pada Jum’at, 28 Juni 2024, Sosi Septia, mahasiswa Program Studi Fisika Fakultas Saintek UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, berhasil mempertahankan penelitian skripsinya. Yang berjudul “Kajian Parameter Fisis Variasi Perekat pada Briket Daun Akasia sebagai Solusi Energi Terbarukan”. Dengan pembimbing Bapak Vandri Ahmad Isnaini, S.Si., M.Si., dan Ibu Nissa Sukmawati, S.Si., M.Si, Sosi mempresentasikan penelitian ini dalam sidang munaqosah Bapak Dr. Darma Putra, M.PKim menjadi Ketua Sidang skripsi ini. Dan dengan tim penguji Ibu Eva Gusmira, S.Si., M.Si., serta Firna Jumira, S.Si., M.Si.

Sosi Septia memanfaatkan daun akasia sebagai bahan dasar untuk membuat briket yang ramah lingkungan. Briket tersebut sudah uji coba menggunakan empat parameter fisis, yaitu uji densitas, kadar air, laju pembakaran, dan uji kuat tekan. Dari hasil pengukuran menunjukkan bahwa kualitas briket mendekati standar SNI dan ASTM. Dengan demikian, briket daun akasia ini dapat menjadi bahan bakar alternatif yang potensial.

Penelitian ini memberikan solusi bagi masyarakat Jambi dalam memanfaatkan limbah daun akasia yang melimpah sebagai sumber energi terbarukan. Selain itu, dunia industri juga dapat mengadopsi metode ini untuk mengolah limbah menjadi energi yang berkelanjutan. Penelitian Sosi Septia dapat menjadi referensi bagi pengembangan energi terbarukan di Indonesia.

Pada hari yang sama, Sela Oktopiani, mahasiswa Program Studi Fisika fakultas Saintek lainnya, juga berhasil mempertahankan penelitiannya. Penelitian yang berjudul “Uji Sifat Listrik pada Bio Baterai Berbahan Kulit Jeruk Gerga dan Natrium Klorida”. Jeruk Gerga merupakan hasil pertanian Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, dan kulitnya dapat diolah menjadi sumber energi pengganti baterai komersial. Dengan pembimbing Ibu Dr. Tanti, S.Si., M.Si., dan Nissa Sukmawati, S.Si., M.Si, Sela mempresentasikan penelitian ini. Sidang ini diketuai oleh Bapak Vandri Ahmad Isnaini, S.Si., M.Si., dengan tim penguji Ibu Eva Gusmira, S.Si., M.Si., dan Firna Jumira, S.Si., M.Si.

Baterai yang dihasilkan oleh Sela Oktopiani menunjukkan daya, tegangan, dan juga arus yang mendekati baterai komersial yang ada dipasaran. Penelitian ini memberikan solusi inovatif dalam memanfaatkan limbah kulit jeruk sebagai sumber energi terbarukan.

Kedua penelitian ini merupakan bukti nyata keikutsertaan Fakultas Sains dan Teknologi dalam mendukung kelestarian lingkungan serta pengembangan energi terbarukan. Dengan demikian, Fakultas Sains dan Teknologi terus dapat ikut serta dalam memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan energi terbarukan dan pelestarian lingkungan.