Rabu, 26 Juni 2024
Bimbingan Belajar

Lestari Alamku dan Pulih Bumiku

Lestari Alamku dan Pulih Bumiku

Kebangkitan Nasional merupakan titik awal bangsa Indonesia untuk bangkit memiliki jiwa nasionalisme, rasa persatuan dan kesatuan terhadap bangsa, kita sebagai generasi bangsa harus mempunyai sikap itu. Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada hari Senin, 20 Mei 2024 SMP Vianney mengadakan kegiatan Workshop Laudato Si, dengan tema “Lestari Alamku Pulih Bumiku”

Kita tahu bahwa akhir-akhir ini cuaca sangat panas , ini salah satu penyebabnya karena kerusakan alam dengan banyaknya penebangan hutan , sampah, asap pabrik , dan lain-lain.
Jadi sangatlah tepat kalau SMP Vianney mengadakan kegiatan tersebut, karena dalam kegiatan tersebut kita diajak untuk praktik membuat Eco Enzym . Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas 7, 8 dan 9.

Kegiatan ini dibawakan oleh Komunitas Eco Enzym Nusantara yang terdiri dari Ibu Monica, Ibu Pitri, Ibu Agustin dan Ibu Theresia. Komunitas ini memang sering mengadakan workshop di sekolah-sekolah dengan tujuan supaya kita anak-anak sebagai generasi penerus bangsa harus mulai peduli terhadap lingkungan sekitar.

Melalui kegiatan ini siswa diajak untuk membiasakan membawa makanan dan minuman dari rumah, mengurangi penggunaan botol plastik, tempat makan dari kertas dan memilah antara sampak plastik dan sampah organik (sampah dari kulit buah dan sayur), mengurangi penggunaan listrik dan hemat air dan lain-lain.

Melalui kegiatan ini anak-anak disuruh membawa kulit buah dari rumah dan dibagi dalam beberapa kelompok untuk mempraktikkan pembuatan eco enzym (cairan dari hasil fermentasi yang terbuat dari sampah organik seperti kulit buah, molase dan air). Anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Manfaat enzim sangat banyak , seperti mengatasi berbagai luka, berbagai macam penyakit dan dapat membantu perawatan kesehatan pribadi dan sebagai pupuk tanaman.

Ayo anak-anak kita sebagai warga sekolah, kita ciptakan sekolah yang peduli dan berbudaya terhadap lingkungan sekolah, dengan cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah, memilah antara sampah organik dan sampah anorgonik, menanam, menjaga dan merawat taman kelas, menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah agar menjadi tempat pembelajaran yang nyaman.

Dengan menjaga lingkungan di sekitar kita, baik di rumah maupun di sekolah dengan cara-cara tersebut akan membantu mencegah perubahan iklim, kerusakan ekosistem dan berbagai masalah lingkungan untuk menuju Indonesia yang lebih baik.