Sabtu, 06 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Tim PPK Ormawa BEM FAST UAD Lakukan Pengabdian di Desa Sriharjo

Tim PPK Ormawa BEM FAST UAD Lakukan Pengabdian di Desa Sriharjo

Tim PPKO BEM FAST Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Lakukan Pengabdian di Desa Sriharjo (Dok. Istimewa)

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Terapan (BEM FAST) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil lolos pendanaan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2024. PPK Ormawa adalah program penguatan kapasitas ormawa melalui serangkaian proses pembinaan ormawa oleh perguruan tinggi yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Tema yang diangkat BEM FAST UAD adalah Kampung Iklim dengan judul “Pemberdayaan Masyarakat Desa Sriharjo Melalui Inovasi Smart Disaster Mitigation Menuju Sriharjo Tanggap Bencana”.

Program inovatif ini memiliki tujuan umum dan khusus. Tujuan umumnya yaitu untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, program pemberdayaan, dan keahlian masyarakat Desa Sriharjo pada sektor kampung iklim melalui inovasi program smart disaster mitigation. Hal tersebut berdampak pada kesigapan masyarakat ketika terjadinya bencana.

Sementara tujuan khususnya ada berbagai macam. Pertama, meningkatkan keterampilan dan pengetahuan masyarakat sekaligus wisatawan terhadap mitigasi bencana. Kedua, beradaptasi terhadap perubahan iklim yang tidak menentu menyebabkan adanya potensi air bah yang dibawa dari kawasan utara. Ketiga, meningkatkan perlindungan terhadap risiko erosi dan longsor di Desa Sriharjo dengan memperkuat upaya mitigasi terhadap curah hujan yang tinggi dan arus air dari hulu Sungai Oya. Keempat, mengoptimalkan kelembagaan yang fokus menangani adaptasi dan mitigasi bencana. Kelima, meningkatkan kewaspadaan wisatawan melalui pemetaan dan pemasangan tanda-tanda peringatan titik-titik rawan di Desa Sriharjo.

PPKO BEM FAST 2024 terdiri atas 15 orang dari Program Studi Matematika, Sistem Informasi, Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknik Elektro, dengan dosen pembimbing Drs. H. Hadi Sasongko, M.Si. Tim mendapatkan pendanaan sebesar 37 juta rupiah yang akan digunakan untuk melaksanakan kegiatan keberlanjutan di Desa Sriharjo, Imogiri, Bantul, dari bulan Juni hingga September 2024. Rencana program kerja dari tim PPKO BEM FAST ini yaitu melaksanakan sekolah kampung iklim yang akan diikuti oleh anak sekolah dasar dan kelompok sasaran, planting plant, pemberdayaan alat keselamatan, pemberdayaan simulasi, dan tanggap bencana.

Pada 12 Juni 2024, tim PPKO BEM FAST UAD melakukan penerjunan yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Desa Sriharjo yang dihadiri oleh kelompok sasaran seperti Perangkat Desa Sriharjo, Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB), karang taruna, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Keluarga Tangguh Bencana (Katana), dan Ormawa BEM FAST. Acara diawali dengan pembukaan oleh pembawa acara kemudian sambutan oleh Gubernur BEM FAST 2024, dilanjutkan sambutan oleh dosen pembimbing, dan sambutan oleh Kepala Kalurahan Desa Sriharjo Tutik Istiyawatun sekaligus simbolis pelepasan tim PPK Ormawa BEM FAST 2024.

Tim PPKO BEM FAST 2024 berharap program tersebut dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya mitigasi bencana. Masyarakat diharapkan lebih memahami risiko bencana yang mungkin terjadi di wilayah Desa Sriharjo dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengurangi dampak dari bencana tersebut. (Dilla)

uad.ac.id