Sabtu, 06 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa UAD Gelar Festival Literasi dan Numerasi di SD Negeri Bunder III Patuk

Mahasiswa UAD Gelar Festival Literasi dan Numerasi di SD Negeri Bunder III Patuk

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Gelar Festival Literasi dan Numerasi di SD Negeri Bunder III Patuk (Dok. Istimewa)

Festival Literasi & Numerasi dilakukan pada 29 Mei 2024. Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) di SD Negeri Bunder III Patuk, Gunungkidul, pada saat periode penugasan berlangsung. Festival diikuti oleh seluruh siswa dan berlangsung selama lima jam, mulai dari pukul 08.00 hingga 13.00 WIB.

Festival tersebut berisi tentang petualangan numerasi, belajar dengan media flashcard, serta peningkatan literasi melalui sambung kata berbasis gim. Selain itu, festival juga berisi permainan ular tangga numerasi. Tim Kampus Mengajar membagi siswa menjadi beberapa kelompok sesuai dengan fase belajar. Sebanyak tiga pos tersebar di penjuru sekolah untuk dikunjungi oleh siswa selama kegiatan berlangsung.

Pos 1 berisi ular tangga numerasi, kelompok siswa memainkan ular tangga dengan dadu kemudian pada setiap nomor tertera soal matematika dasar yang harus diselesaikan. Pada pos 2, ada pembelajaran bahasa Inggris dengan media flashcard. Siswa belajar tentang kosa kata dasar seputar sekolah dalam bahasa Inggris. Penguatan literasi berada di pos 3 lewat permainan sambung kata. Selain berisi pos pembelajaran, tim Kampus Mengajar juga mengadakan lomba kebersihan yang diikuti setiap kelas.

“Belajar dengan menggunakan flashcard sangat menyenangkan,” ujar Bima, siswa kelas V.

Sementara itu, menurut salah satu guru, “Kegiatan ini sangat membantu para guru dalam meningkatkan literasi siswa. Lalu, siswa juga terlihat sangat bersemangat.”

Festival Literasi & Numerasi ini merupakan salah satu program kerja yang disusun tim Kampus Mengajar dan dimanfaatkan sebagai penutup semua program kerja yang sudah dijalankan. Dalam pelaksanaan acara, pihak sekolah yang terdiri atas guru dan karyawan sangat mendukung. Mereka mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa untuk meningkatkan literasi dan numerasi. Selain itu, guru juga menilai bahwa pembelajaran luar kelas bisa menjadi referensi bagi mereka dalam melakukan pembelajaran. (dinda)

uad.ac.id