Selasa, 21 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Liputan Rangkaian Kegiatan HUT ke 20 SMKN 2 Kalianda

Liputan Rangkaian Kegiatan HUT ke 20 SMKN 2 Kalianda

Dalam rangka memperingatai HUT yang ke 20, SMKN 2 Kalianda  mengadakan rangkaian kegiatan  pengabdian kepada masyarakat  berupa:

  1. Webinar AN AKM SK

Webinar AKM dan implikasinya bagi pembelajaran di SMP/MTS  dan Kordinasi Pelaksanaan N AKM SK  SMP/MTS se Kabupaten Lampung Selatan ( Sabtu, 9 Januari 2021 jam 9.00 sd 12.00 wib  dengan platform zoom meeting ) sebagai wahana sosialisasi perubahan sistem evaluasi pembelajaran di sekolah sesuai  kebijakan Merdeka Belajar  dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI ( SE Mendikbud No. 1 tahun 2020) yang  menggantikan UNBK  (  evaluasi hasil belajar siswa selama 6/ 3 tahun belajar di sekolah) dengan AN AKM SK ( yang menguji keompetensi minimum siswa dalam literasi dan numerasi, survei karakter siswa dan survei lingkungan belajar) yang pastinya berimbas kepada   strategi pembelajaran  guru semua mata plajaran di sekolah di semua level .

Kegiatan Webinar ini diikuti oleh 80 orang guru SMP/MTS se Kabupaten Lampung Selatan  yang merupakan  guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA. Acara webinar dimulai dengan sambutan dari kepala SMKN 2 Kalianda Bapak Sahriyanto, S.Ag., M.Pd.i. lalu dilanjutkan dengan presentasi materi pertama berjudul “AN AKM SK  dan implikasinya terhadap pembelajaran di SMP/MTS”  oleh  Ibu Hj. Nina Fatrianan, S.Pd., M.Pd. dan  presentasi materi kedua  tentang “Koordinasi AN AKM SK SMP/MTS Lampung Selatan “ yang disampaikan oleh Bpk. Pande Made Kertiyase,A.Md. sebagai  salah satu personel Help Desk AN AKM SK Kabupaten Lampung Selatan yang ditunjuk oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Acara berjalan tertib dan lancar dengan pertanyaan pertanyaan dari peserta yang menggambarkan antisiasme peserta mengenai topik bahasan dalam webinar ini. Acara webinar ini juga dapat disaksikan di bawah ini :

2. Try Out Ujian Sekolah

Try out US Online bagi siswa kelas 9 SMP/MTS se Kabupaten Lampung Selatan ( Sabtu, 30 Januari 2021) sebagai ajang simulasi ujian akhir sekolah yang masih dilaksanakan dan berbasis sekolah masing- masing. Try out US ini diikuti oleh 210 siswa kelas 9 SMP/MTS se Kabupaten Lampung Selatan secara daring di rumah masing masing. Pelaksanaan Try Out US ini di bagi menjadi 6 sesi dengan peserta masing masing 35 orang per sesinya, dengan memanfaatkan server ujian online sebagai baian terintegrasi dari LMS SMKN 2 Kalianda, yang direkayasa sendiri oleh TIM IT SMKN 2 Kalianda ( guru  program keahlian TKJ  bapak  Pande Made Kertiyase, A.Md., bapak Sutrisno,S.Kom.,M.Pd. dan Toolman TKJ saudara Rohmad dan Wisnu Lanang Darmawan ). Materi yang diujikan adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA. Kebanyakan peserta tes  baru pertama kali mengikuti unjian online berbasis LMS, sehingga masih kesulitan melakukan login pada server Try Out. Untuk mengantisipasi hal ini para peserta dibuatkan grup wa per kelas maya per sesi ujian sehingga panitia dan admin dapat membantu kesulitan siswa SMP/MTS ini dalam melakukan log in dan mengerjakan soal try out.


3. Try Out AKM 

Try out  AKM bagi siswa kelas 8 SMP/MTS se Kabupaten Lampung Selatan sebagai wahana sosialisasi dan simulasi mengenai soal-soal AKM literasi ( ketrampilan memahami berbagai macam teks kontekstual) dan  numerasi ( ketrampilan memahami pemakaian matematika  dalam konteks kehidupan sehari- hari) yang pada awalnya akan di laksanakan bulan Maret 2021 dan diundur menjadi bulan September Oktober disebabkan oleh  meningkatnya  kasus  positif covid 19 di Indonesia ( pengumuman pengunduran AN AKM SK 20 januari 2021). Try out AKM ini diikuti oleh 140 siswa kelas  8 SMP /MTS  yang di bagi menjadi 4 sesi ujian dengan 35 orang siswa per sesinya . Kebanyakan peserta tes juga  baru pertama kali mengikuti unjian online berbasis LMS, sehingga masih kesulitan melakukan login pada server Try Out. Untuk mengantisipasi hal ini para peserta try out AKM pun  dibuatkan grup wa per kelas maya per sesi ujian sehingga panitia dan admin dapat membantu kesulitan siswa SMP/MTS ini dalam   melakukan log in dan mengerjakan soal try out ini.

Demikian liputan rangkaian kegiatan peringatan HUT ke 20 SMKN 2 Kalianda yang sempat tertunda oleh Pandemi covid 19. SMKN 2 berkomitmen bahwa pandemi bukan halangan untuk tetap berkreasi, berinovasi dan mengabdi untuk kemajuan kualitas pendidikan di kabupaten Lampung Selatan.

Salam SMK BISA, SMKN 2 HEBAT!!!