Senin, 20 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

PERINGATAN HARI JADI SLEMAN KE-105 DENGAN HALAL BIHALAL & PENGUATAN KARAKTER

PERINGATAN HARI JADI SLEMAN KE-105  DENGAN HALAL BIHALAL & PENGUATAN KARAKTER

Foto  :  Kegiatan peringatan hari jadi ke-105 Kab. Sleman dan halal bihalal

SMP Negeri 4 Pakem- Peringatan hari jadi ke-105 Kabupaten Sleman dilaksanakan di SMP Negeri 4 Pakem dengan Halal-Bihalal 1 Syawal 1442 H. Sebelum pandemi melanda, sekolah mengadakan upacara peringatan dengan memakai pakaian adat jogja oleh seluruh warga sekolah. Kali ini, peringatan hanya dihadiri oleh guru dan karyawan. Meskipun sederhana, acara tetap berlangsung dengan khidmat dan sarat makna.

Senin pagi, 17 Mei 2021, seluruh guru dan karyawan SMP Negeri 4 Pakem berpakaian jawa lengkap berkumpul bersama di aula sekolah dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Rangkaian acara dimulai dengan Ikrar Halal Bihalal, Pengajian Syawalan kemudian dilanjutkan sambutan Kepala Sekolah tentang Halal Bihalal sekaligus Peringatan Hari Jadi Kabupaten Sleman ke-105.

Seluruh rangkaian acara dilaksanakan dengan menggunakan bahasa jawa. Selain melestarikan budaya, penggunaaan bahasa jawa pada acara ini adalah bagian dari upaya sekolah dalam melakukan penguatan karakter. Ya, SMP Negeri 4 Pakem adalah sekolah yang selalu konsen penguatan pendidikan karakter sebagai sarana untuk memperkuat nilai-nilai moral, akhlak, dan kepribadian. Diharapkan dengan berbagai acara atau kegiatan yang dilaksanakan di SMP Negeri 4 Pakem dapat menjadi bukti bahwa dunia pendidikan serius dalam mengemban fungsi pendidikan nasional sesuai dengan UU No. 20 Tahun 2003 yaitu mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.