Rabu, 15 Mei 2024
Pondok Pesantren

MTs Sahid Selenggarakan Manasik Haji Untuk Menumbuhkan Semangat Berhaji Sejak Dini

MTs Sahid Selenggarakan Manasik Haji Untuk Menumbuhkan Semangat Berhaji Sejak Dini

Bogor, 10 Maret 2022|14.00 WIB.
MTs Sahid Pondok Pesantren Modern Sahid Pamijahan Bogor menyelenggarakan kegiatan pembekalan manasik haji untuk santri kelas IX yang berlangsung selama dua hari. Penyelenggaraan manasik haji di hari pertama yaitu pada hari Selasa tanggal 8 Maret 2022 untuk santri putra dan di hari kedua yaitu pada hari Rabu tanggal 9 Maret 2022 untuk santri putri. Kegiatan manasik haji ini mengusung tema “Manasik Haji, Menumbuhkan Semangat Berhaji Sejak Dini”.

Sesuai temanya, kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan sedini mungkin kepada para peserta didik (santri-red) tentang kewajiban haji bagi setiap muslim. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi syiar Islam di lingkungan Pondok Pesantren Modern Sahid dan sekitarnya. Selanjutnya kegiatan ini juga dapat memberikan pengalaman praktis/pembelajaran praktek langsung tentang ibadah haji dan umrah kepada santri-santriwati.

Kegiatan ini merupakan program sekolah yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Di tahun 2022 ini, ketua panitia diemban oleh Ust. Rifqi Halim, serta dibantu oleh Ust. Aris Riswana dan Ust. Fuad sebagai pemandu jalannya manasik haji.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh santri kelas IX ini dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB sangat direspon positif dan antusias oleh para santri. Karena hal ini merupakan pengalaman baru bagi mereka saat mengenakan pakaian ihram khususnya. Acara ini diawali dengan pembekalan materi tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji dari awal pendaftaran, masa pelaksanaan, hingga pasca pelaksanaan ibadah haji. Pembekalan materi ini selain bertujuan untuk memberikan ilmu praktis kepada peserta didik tentang tata cara pelaksanaan haji, juga agar menumbuhkan ghiroh semangat peserta didik dalam menunaikan ibadah haji di kemudian hari. Materi ini dibawakan oleh al-Ustadz Abdur Rouf Dimyati, S.Th.I, ME. salah satu guru/ustadz yang Allah Swt. berikan anugerah telah melaksanakan ibadah haji beberapa tahun lalu sebelum pandemi Covid-19 datang melanda dunia.

Setelah pembekalan materi, kemudian dilanjutkan dengan praktek simulasi manasik haji. Simulasi ini dimulai dari Gedung Wali Songo V sebagai Miqot untuk berihram, setelah itu menuju ke lapangan depan Sadaniyah Ballroom sebagai Padang Arafah. Selanjutnya ke halaman asrama putri sebagai Muzdalifah dan menuju area selatan Masjid Sadaniyah sebagai kawasan Mina. Di area ini santri melakukaan kegiatan romyu al jamarat atau lempar jumrah. Setelah itu, santri menuju ke lapangan Bugar Perkasa sebagai tempat untuk melaksanakan tawaf ifadhoh, sa’i, dan tahallul. Di setiap titik rute simulasi manasik haji ini, para santri membacakan doa atau bacaan-bacaan sebagaimana yang dilakukan para jamaah haji di Mekkah. Urutan kegiatan ini juga sama dengan pelaksanaan hari selanjutnya yaitu pada hari Rabu tanggal 9 Maret 2022 yang diikuti oleh santri putri.

Alhamdulillah, seluruh anak sangat bergembira setelah mengikuti kegiatan simulasi manasik haji. Karena dengan adanya kegiatan ini, peserta didik dapat memahami detail tentang tata cara dan ketentuan-ketentuan dalam pelaksanaan ibadah haji“.
Ujar ustad Kamad MTs ustad R. Jaja Jumhana, S.Pd yang terkenal dengan murah senyum ini. (TimDM PPMS)

#MTsSahid