Kamis, 04 Juli 2024
Perguruan Tinggi

PPG Daljab 2022, Undiksha Siap Laksanakan Seleksi Akademik Periode I

PPG Daljab 2022, Undiksha Siap Laksanakan Seleksi Akademik Periode I

Singaraja- Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) siap melaksanakan seleksi akademik Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) Periode I pada 9 dan 10 April 2022. Hal ini dibahas dalam rapat koordinasi panitia, Jumat (8/4/2022).

Rapat yang berlangsung di Aneka Villa dan Spa, Lovina, Buleleng ini dihadiri Kepala Biro Umum dan Keuangan Undiksha, Ni Luh Wayan Yasmiati, S.H. M.Pd. Ia yang mewakili Rektor mengharapkan seleksi ini dapat berjalan lancar. Oleh sebab itu, harus dipersiapkan dengan baik agar nantinya tidak muncul persoalan. Ia juga menegaskan, dalam seleksi ini tidak cukup mengandalkan pengalaman sebelum-sebelumnya, tetapi harus tetap mengacu pada pedoman yang berlaku. “Pengalaman dulu belum tentu sama dengan sekarang. Jadi saat bekerja harus selalu mengikuti pedoman atau panduan,” tegasnya.

Senada juga disampaikan oleh Koordinator PPG Undiksha, Drs. I Gede Nurjaya, M.Pd. Seleksi yang baru kali pertama dilaksanakan Undiksha ini harus didukung dengan kinerja baik oleh panitia maupun pengawas. Selain itu, pelaksanaan seleksi harus tetap mengedepankan integritas maupun kepatuhan terhadap pedoman. “Tentu kinerja panitia juga mendapat evaluasi,” ucapnya.

Selain panitia, kesiapan teknis maupun peserta juga turut dipastikan. Sebelumnya telah dilakukan uji coba dan secara umum berjalan lancar. Diharapkan itu dapat berlanjut hingga sampai ke seleksi yang sesungguhnya. “Kami juga berharap ada kerjasama yang baik dari peserta, sehingga seleksi ini dapat berjalan lancar, sesuai harapan,” imbuhnya.

Seperti informasi sebelumnya, Undiksha dipercaya sebagai salah satu pelaksana seleksi akademik PPG Daljab tahun 2022, bersama sebelas perguruan tinggi lainnya yang berstatus sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

Peserta yang mengikuti seleksi di Undiksha sebanyak 3.944 orang. Seleksi dilaksanakan dalam lima periode yang dijadwalkan pada bulan April 2022. Setiap periode berlangsung selama dua hari dan setiap hari terdiri atas dua sesi. Jumlah peserta per sesi sebanyak 986 orang. 

Pelaksanaan seleksi serupa dengan ujian pengetahuan PPG tahun sebelumnya, yaitu berbasis domisili. Artinya, peserta tidak datang ke Undiksha, tetapi mengikuti seleksi di rumah masing-masing atau tempat yang terjangkau akses internet. (hms)