Senin, 20 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Wakasek Hubin SMK Negeri 1 Tanara telah melaksanakan kegiatan pengantaran siswa-siswi Prakerin ke masing-masing tujuan. Prakerin sendiri adalah program pembekalan bekal kerja bagi siswa-siswi kelas XI

Wakasek Hubin SMK Negeri 1 Tanara  telah melaksanakan kegiatan pengantaran siswa-siswi Prakerin ke masing-masing tujuan. Prakerin sendiri adalah program pembekalan bekal kerja bagi siswa-siswi kelas XI

Dalam rangka memberikan bekal kerja bagi siswa-siswinya, SMK Negeri 1 Tanara  melalui bidang Hubungan Industri menyelenggarakan program Prakerin (Praktik Kerja Industri). Prakerin adalah periode di mana siswa-siswa kelas XI ditempatkan di lingkungan kerja untuk memperoleh pengalaman praktik.Setelah beberapa waktu lalu dilangsungkan Pembekalan Prakerin bagi para siswa,kegiatan Pengantaran ke lokasi Prakerin juga telah dilakukan oleh tim Prakerin SMK Negeri 1 Tanara  . Secara umum, kegiatan pengantaran dilakukan .Tim Prakerin kembali dibagi menjadi beberapa unit dengan tugas pengantaran ke lokasi-lokasi berbeda.

kegiatan pengantaran ini diadakan bukan tanpa alasan. Kegiatan pengantaran memfasilitasi adanya serah terima resmi antara pihak sekolah dan tempat kerja yang bersangkutan. Dalam hal ini, SMK Negeri 1 Tanara  memastikan bahwa siswa-siswanya telah diserahkan untuk melaksanakan kegiatan Prakerin, sekaligus diterima oleh pihak penanggung jawab kegiatan Prakerin di lingkungan terkait.

Sementara itu, dari sisi siswa, kegiatan pengantaran membuktikan pihak sekolah bertanggung jawab sepenuhnya terhadap kegiatan Prakerin. Dampingan yang diberikan guru maupun pendamping menunjukkan adanya koordinasi yang bersifat suportif atas keberlangsungan Prakerin siswa.

Dalam kesempatan itu, kegiatan pengantaran diselenggarakan juga untuk memfasilitasi adanya penjajakan kerja sama antara kedua pihak. Dari agenda ini, siswa yang terjadwal menjalani Prakerin nantinya dapat sangat terbantu dengan referensi lokasi-lokasi praktik kerja. Lebih lanjut, perjanjian antara keduanya dapat bermanfaat bagi lulusan dalam hal perekrutan tenaga kerja.

Kegiatan Prakerin, mulai pembekalan, pengantaran hingga penyelenggaraannya dapat membawa dampak baik bagi banyak pihak, terutama SMK Negeri 1 Tanara  . Pengiriman siswa untuk belajar dan menjajal dunia kerja akan membentuk kesiapan diri mereka sejak dini untuk benar-benar menjalani pekerjaan dan karir selepas sekolah.