Kamis, 16 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

MERIAHNYA GEBYAR POTENSI SISWA DI KEGIATAN MPLS 2022

MERIAHNYA GEBYAR POTENSI SISWA DI KEGIATAN MPLS 2022

Memasuki tahun ajaran baru, yaitu tahun ajaran 2022/2023, banyak siswa/i baru yang menjadi bagian dari SMAN 1 Godean. Untuk itu, SMAN 1 Godean mengadakan Masa Pengenalan Sekolah atau lebih dikenal dengan MPLS yang dilaksanakan selama 5 hari, yaitu pada Senin, 11 Juli 2022 sampai dengan Jumat, 15 Juli. Kegiatan MPLS yang dilaksanakan selama kurang lebih seminggu tersebut digunakan untuk memperkenalkan SMAN 1 Godean dan memberikan sosialisasi mengenai berbagai hal.

Tak ingin melewati momen berharga, ekstrakulikuler dan beberapa organisasi yang berada di SMAN 1 Godean pun turut serta menunjukkan eksistensinya pada salah satu kegiatan yang dinamakan Gebyar Potensi Siswa atau GPS. Gebyar Potensi Siswa dilaksanakan pada hari keempat MPLS 2022, tepatnya pada Kamis, 14 Juli 2022. Banyak siswa/i SMAN 1 Godean yang menunjukkan bakat dan minatnya pada kegiatan Gebyar Potensi Siswa ini, tujuannya agar para siswa/i yang baru memasuki SMAN 1 Godean tertarik untuk mengikuti jejak kakak kelasnya dalam menuangkan minat dan bakatnya pada kegiatan tersebut.

Berbagai aksi dilakukan oleh beragam ekstrakulikuler. Bagi ekstrakulikuler jurnalistik dan LCC UUD, memberikan sosialisasi singkat dan menunjukkan karya serta prestasinya merupakan cara terbaik dalam menunjukkan hasil karyanya. Jurnalistik dengan karya CARAKA-nya dan LCC UUD dengan segudang prestasi yang telah diraihnya sukses membuat banyak siswa/i memberikan perhatian pada mereka. Tak kalah, ekstrakulikuler paduan suara atau Sacnite A’aloise Voice (SAV) juga memberikan sosialisasi singkat serta memberikan pertunjukkan paduan suara yang menakjubkan pada sesinya. Karawitan tak ketinggalan dengan pertunjukkan bersama gamelannya yang sangat mengagumkan, keharmonisan suara yang dihasilkan masing-masing alat menjadi alunan manis di telinga para pendengarnya.

Beberapa organisasi seperti Rohis Rohibba Abbas dan Persakris Kristen serta Persakris Dominico Savio juga menjadi salah dua organisasi yang ikut memeriahkan Gebyar Potensi Siswa. Kedua organisasi memberikan sosialisasi mengenai organisasi masing-masing yang hasilnya tak mengecewakan. Nyatanya, banyak siswa/i baru yang tertarik untuk mengikuti kedua organisasi tersebut,

Dilanjutkan dengan ekstrakulikuler pleton inti atau tontin SMAN 1 Godean yang bernama KOPASTO menunjukkan berbagai formasi baris berbaris yang berhasil membuat takjub banyak siswa/i. Ekstrakulikuler Pramuka yang juga hadir dengan tongkat semaphore memberikan pertunjukkan dengan “bonus” smoke bomb menjadi salah satu hal yang akan terkenang pada kegiatan Gebyar Potensi Siswa kali ini. Ekstrakulikuler non-akademik seperti basket, voli, dan futsal tentu hadir dengan free-styling yang hebat, ketiga ekstrakulikuler tersebut menjadi salah satu ekstrakulikuler yang menyita perhatian banyak siswa/i.

Diakhiri dengan penampilan dari Amreta Band, siswa/i memutari lapangan yang telah ditata sedemikian rupa dengan berbagai stan-stan dari masing-masing ekstrakulikuler dan organisasi yang telah tampil sebelumnya. Diiringi dengan alunan music Amreta Band, para siswa menghampiri satu persatu ekstrakulikuler atau organisasi yang diminatinya.

Dengan diadakannya Gebyar Potensi Siswa, diharapkan kegiatan yang diramaikan oleh baik kelas X, XI, maupun XII ini dapat mempermudah siswa/i baru dalam memilih wadah untuk menuangkan minat dan bakatnya agar dapat lebih berkembang dengan baik dari sebelumnya. (Kontributor : OSIS SMAN 1 Godean)